Breaking News:

Pengamat Beberkan Solusi untuk Permasalahan Garuda Indonesia

Kemudian, Hendra merinci tujuh strategi pengelolaan organisasi yang dapat dilakukan oleh Garuda Indonesia.

Istimewa
Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kemerosotan kinerja perusahaan penerbangan PT Garuda Indonesia TBK sebagai salah satu BUMN beberapa tahun terakhir, seiring dengan masa pandemi Covid-19, perlu dibenahi secara serius.

Bukan perkara mudah untuk menyelamatkan maskapai pelat merah tersebut, karena sudah sejak lama, bahkan jauh sebelum pandemi melanda, keuangan Garuda Indonesia memang sudah berdarah-darah.

Pengamat airline industry yang juga Lulusan California State University Fresno, Hendra Soemanto mengatakan, Garuda Indonesia harus fokus pada posisi pure airline industry seperti maskapai bintang lima lainnya.

"Langkah-langkah strategis pembenahan Garuda Indonesia dapat dilakukan dengan bedah operational, conceptual review, dan membangun tata kelola yang transparan dari seluruh jajaran manajemen, dewan komisaris, dan jajaran direksi dengan beberapa strategi pengelolaan organisasi,” kata Hendra melalui keterangannya, Kamis (3/6/2021).

Kemudian, Hendra merinci tujuh strategi pengelolaan organisasi yang dapat dilakukan oleh Garuda Indonesia.

Baca juga: Opsi Penyelamatan Garuda Indonesia Versi Serikat Bersama Karyawan

Pertama, merestrukturisasi organisasi; merampingkan struktur organisasi, biaya, dan me-review aset yang ada.

Kedua, mengoptimalisasikan resources yang tersedia; SDM dan aircraft operation, serta tetapkan new role model of organization.

Ketiga, melakukan analisis value chain dan semua kegiatan internal perusahaan dengan tujuan untuk mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu.

Keempat, meningkatkan strategi marketing atau promosi.

Kelima, melakukan analisis brand positioning yang diikuti oleh proses review terhadap rute penerbangan dan penetapan harga tiket.

Halaman
123
Penulis: chaerul umam
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved