Tandatangani MoU dengan BPIP, Pemkot Palu Berkomitmen Membumikan Nilai Pancasila

Iqbal memaparkan mengenai rencana pelaksanaan kegiatan nasional dalam bentuk launching atau pencanangan akseptasi aktualisasi Pancasila skala nasional

Editor: Dewi Agustina
Humas BPIP
BPIP melaksanakan acara Dialog Kebangsaan dan Pelantikan Pengurus FPK dan FKUB, serta MoU Pengukuran Indeks Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kota Palu, Jumat (18/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kembali melakukan pembinaan Pancasila di Kota Palu, Sulawesi Tengah, melalui acara bertajuk ‘Rajut Erat Nilai-Nilai Pancasila’, Jumat (18/6/2021).

Kota Palu merupakan salah satu daerah yang kerap mendapatkan pembinaan dari BPIP tentang aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

"Kota Palu paling sering dikunjungi oleh BPIP untuk diberikan pembinaan dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Apresiasi sebesar-besarnya kepada BPIP yang telah hadir menjadi keynote speaker dan narasumber acara Dialog Kebangsaan," ujar Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Muhammad Iqbal.

Iqbal mengatakan, Pancasila harus selalu dijaga dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itu, kerja sama dengan BPIP diperlukan agar nilai-nilai Pancasila tetap terjaga. Sehingga, edukasi Pancasila bagi masyarakat tetap terjaga.

"Anak bangsa kita tidak boleh melakukan hal yang bersimpangan dengan Pancasila karena mempertahankan Pancasila sama dengan menjaga NKRI," tegasnya.

Iqbal juga memaparkan mengenai rencana pelaksanaan kegiatan nasional dalam bentuk launching atau pencanangan akseptasi aktualisasi Pancasila skala nasional tahun ini.

Selain itu, beberapa waktu lalu, telah dilaksanakan penyusunan naskah kerja sama antara BPIP dan Wali Kota Palu tentang pembinaan ideologi Pancasila di Kota Palu.

Kerja sama ini akan dituangkan dalam perjanjian kerja sama yang akan ditandatangani oleh Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP dan Badan Kesbangpol Kota Palu.

"Semoga kerja sama yang dibangun berjalan dengan baik dan lancar dan diridhoi Tuhan Yang Maha Esa," ujar Iqbal.

Hadir sebagai, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP bahwa Pancasila itu melindungi semua masyarakat.

Penandatanganan MoU antara Pemkot Palu dan BPIP.
Penandatanganan MoU antara Pemkot Palu dan BPIP. (Humas BPIP)

"Tidak hanya yang berada di Palu, tapi juga di seluruh negeri, dan bahkan para WNI di luar negeri. Hal itulah yang harus dilindungi bersama," ujar Prakoso.

Ia mencontohnya ketika bencana alam gempa dan tsunami di Palu tahun 2018 lalu.

"Terlihat masyarakat mengamalkan nilai-nilai Pancasila, khususnya sila kedua. Ketika ada bencana di Palu, kita empati kepada tetangga, kawan, yang terkena musibah di Palu," ungkap Prakoso.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved