Breaking News:

Virus Corona

Genjot Geliat Bisnis UMKM di Masa Pandemi Lewat WiraKarya Local Heroes Festival 2021

Program BPP AKU melibatkan generasi muda milenial untuk mempromosikan produk-produk UMKM

Tribunnews/Jeprima
ILUSTRASI - Suasana pameran produk kerajinan UMKM di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2020). Pameran yang menampilkan berbagai produk kerajinan itu akan berlangsung hingga 22 November 2020. Usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM adalah sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Meski demikian, di sisi lain, UMKM diharapkan menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi nasional karena kemampuannya menyerap tenaga kerja dan menyumbang produk domestik bruto. Tribunnew/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dampak peningkatan kasus covid varian baru yang mencapai puluhan ribu kasus tiap harinya memaksa pemerintah melakukan perberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara darurat, hal ini sangat mempengaruhi perekonomian terutama bagi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kondisi inilah yang menjadi latar belakang Wirausaha berdaya karya atau yang kerap disapa WiraKarya, untuk memberikan solusi dengan menyelenggarakan sebuah program kolaborasi antara Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok UPPKA/Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (BPP AKU) dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

BPP AKU  adalah sebuah lembaga tingkat pusat yg membina sektor UMKM dibawah naungan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) dan memiliki kepengurusan sampai tingkat kabupaten/kota.

Program BPP AKU melibatkan generasi muda milenial untuk mempromosikan produk-produk UMKM melalui acara Wirakarya Local Hero Festival 2021 yang menjadi sebuah acara kolaborasi milenial dan UMKM pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara Nasional.

Baca juga: Lulusan Vokasi Ahli Kewirausahaan Diharapkan Dapat Tekan Angka Pengangguran

WiraKarya dikenal sebagai salah satu gerakan yang bertujuan untuk membantu pemulihan ekonomi melalui sektor UMKM.

Gerakan yang diprakarsai oleh GKR Mangkubumi ini merupakan sebuah respons positif untuk mendorong pelaku ekonomi kecil agar tetap tumbuh ditengah kondisi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama satu setengah tahun ini.

Menurut GKR Mangkubumi, Wirakarya Local Hero Festival 2021 merupakan ajang lomba bagi para generasi muda untuk memasarkan produk UMKM melalui duakategori lomba.

Yaitu, live selling competition dan video advertisment competition yang pendaftarannya dibuka hingga tanggal 17 Agustus 2021 dan penentuan pemenang akan diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2021 yang bertepatan dengan momentum sumpah pemuda.

Baca juga: Sri Sultan HB X dan GKR Hemas Disuntik Vaksin, Berharap Lansia di DIY Tak Ragu Divaksinasi Covid-19

Dia mengatakan, lewat lomba ini generasi muda akan memberikan ulasan melalui sosial media terhadap produk UMKM dan mengajak masyarakat untuk membelinya sehingga dapat meningkatkan penjualan UMKM.

"Peserta terbaik dimasing-masing daerah akan menjadi perwakilan untuk mengikuti grand final di acara puncak dan pemenangnya dinobatkan menjadi duta sahabat UMKM Indonesia," terang GKR Mangkubumi.

WiraKarya dinobatkan sebagai pameran virtual UMKM pertama di Indonesia pada tanggal 24 Juli 2020 dan secara konsisten terus berkarya untuk kemajuan dan pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah Indonesia.

Wakil Ketua Bidang Pengembangan, Riset Terapan, Inovasi, dan Teknik PANDI sekaligus Ketua Panitia Program Wirakarya Local Heroes Festival 2021, Isnawan berharap 
program yang dimulai sejak Juli tahun lalu ini mendapat respons positif dari masyarakat luas.

"Melalui program ini, diharapkan bisa menjadi sebuah harapan untuk meningkatkan pendapatan dari UMKM dimana kegiatan ini dapat diikuti oleh pelaku usaha dari berbagai kategori usaha seperti makanan minuman, kriya dan busana," ungkap Isnawan.

"Wirakarya Local Hero Festival merupakan wujud dukungan kepada pemerintah Indonesia untuk mensukseskan program "Bangga Buatan Indonesia," ujarnya.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved