Breaking News:

Bunga KPR yang Tinggi Jadi Hambatan Masyarakat Miliki Rumah

Rumah.com kembali melansir Consumer Sentiment Study yang mensurvei minat, serta opini masyarakat pencari rumah di Indonesia.

Tribunnews.com
Ilustrasi Perumahan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rumah.com kembali melansir Consumer Sentiment Study yang mensurvei minat, serta opini masyarakat pencari rumah di Indonesia.

Hasil survei kali ini diperoleh berdasarkan 1.031 responden dari seluruh Indonesia dilakukan pada Januari hingga Juni 2021, yang bekerja sama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura.

Dari survei tersebut mengungkap dinamika masyarakat dalam membeli hunian atau rumah, satu di antaranya terkait suku bunga KPR.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, walaupun pandemi masih berlangsung, namun masyarakat mulai sadar bahwa hunian adalah kebutuhan pokok yang harus dibeli jika finansial sudah memadai.

Baca juga: Jakpro Ungkap Berbagai Kendala Pembangunan JIS di Masa Pandemi Covid-19 

"Apalagi saat ini para pengembang juga sangat agresif menawarkan berbagai jenis hunian, dan didukung berbagai kebijakan pemerintah yang memudahkan pembelian properti,” kata Marine, Rabu (31/8/2021).

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang telah berlangsung 1,5 tahun dan kebijakan pembatasan mobilitas telah mempengaruhi bagaimana pencari rumah mendapatkan informasi tentang hunian yang akan dibeli, termasuk ketika ingin melihat secara langsung unit.

Baca juga: Tanggapi Wacana Duet JokPro 2024, Jubir PAN : Itu Mustahil

Hal ini terlihat dari Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2021, di mana 37 persen responden menyatakan kesulitan melihat lokasi unit tidak lagi dipandang sebagai halangan.

Ini menunjukkan adanya pameran properti secara virtual maupun teknologi yang memungkinkan melihat unit contoh hunian, sehingga memudahkan pencari properti berburu hunian idaman meskipun di tengah kebijakan PPKM.

Kemudian, 56 persen responden memilih mendapatkan informasi tentang properti dari portal properti, dan 68 persen responden lainnya mendapatkan dari media sosial.

Baca juga: Perbanyak Opsi Transportasi, Jakpro Bakal Bangun Stasiun KRL di Stadion Baru Persija

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved