Breaking News:

Kemendag Sebut Teknologi Telah Mendorong Transformasi Perdagangan

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebut kehadiran teknologi telah menjadi pendorong transformasi perdagangan pada saat ini.

Editor: Sanusi
Via Kontan.co.id
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebut kehadiran teknologi telah menjadi pendorong transformasi perdagangan pada saat ini.

Jerry menjelaskan, setidaknya ada tiga pengaruh teknologi terhadap perdagangan, yaitu menciptakan produk-produk perdagangan digital baru, menciptakan mekanisme perdagangan baru, dan memberikan fasilitasi atas pola mekanisme perdagangan lama.

Baca juga: Wamendag Dorong Game Online Buatan Lokal Bisa Tembus Pasar Ekspor

Terkait menciptakan produk perdagangan digital, Jerry mencontohkan kripto yang ditempatkan sebagai aset digital, dan akan mengubah pola-pola pengaturan ekonomi perdagangan lama, dari berbasis otoritas negara menjadi otoritas pasar atau komunitas.

"Prinsipnya kripto harus teratur dan terlembaga, serta harus di bawah pengaturan negara. Jadi dinamika dan dampaknya bisa dikelola dengan baik," tutur Jerry, Jumat (3/9/2021).

Kemudian, teknologi membuat mekanisme perdagangan baru seperti perdagangan online melalui berbagai platform. Kegiatan perdagangan ini, bisa dilakukan tanpa harus ada pertemuan pembeli dan penjual dalam suatu tempat.

Baca juga: Wamendag Jerry Sambuaga Pamer Pakai Produk Buatan Lokal, Sepatu Hingga Jam Tangan

"Ke depan, perdagangan online akan terus meningkat dan membentuk budaya baru dalam transaksi, serta proses konsumsi masyarakat," ucap Jerry.

Pengaruh teknologi terakhir, kata Jerry, contohnya pembayaran yang bisa dilakukan secara digital, termasuk proses pengiriman dan pergudangan dimonitoring dengan teknologi informasi.

"Jadi kita harus memaksimalkan dalam menciptakan produk digital baru maupun dalam hal mengoptimalkan pola perdagangan lama dengan teknologi," tutur Jerry.

"Dengan demikian sektor perdagangan akan memberikan kontribusi dalam menciptakan ekonomi yang berdaya saing, dan makin optimal manfaatnya bagi masyarakat," sambungnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved