Breaking News:

Lima Negara Ini Minati Busana Muslim Buatan UMKM Indonesia

Lima negara negara tujuan ekspor favorit adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam

dok. Shopee
Logo Shopee. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lima negara tetangga Indonesia melirik busana muslim buatan dalam negeri. Negara-negara tersebut adalah Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. 

Media Relations Corporate Affairs Shopee Prisca Niken memaparkan, selama 1 bulan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal yang terdaftar di Shopee menjual 1,5 juta produk per bulan atau rata-rata 30 ribu produk per hari.

"Sebanyak 180 ribu penjual sudah melakukan ekspor. Lima negara negara tujuan ekspor favorit adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam," ujar Prisca di acara diskusi Shopee dengan redaksi Tribun Network, Senin (6/9/2021).

Prisca menjelaskan, kelima negara tersebut, 'melirik' busana muslim dan fesyen perempuan. "Ternyata produk paling banyak diminati, di luar negeri itu fesyen muslim dan pakaian wanita. Seller hijab itu banyak sekali ekspor ke luar negeri," kata dia.

Baca juga: IFC Sepakat Kerja Sama dengan IDBC Tingkatkan Ekspor Fesyen Indonesia

Selain busana muslim, Batik Solo juga banyak diminati di negara tetangga, seperti Malaysia. Tak hanya di wilayah Asia Tenggara, saat ini ekspor juga sampai ke negara asal pesepak bola Pele, Brasil.

Baca juga: Modis! Ini 5 Potret Fesyen ala Tyna Kanna Mirdad Bisa Jadi Inspirasi

"Kita sampai ke Brasil, transaksi aktif dan terus meningkat. Banyak seller-seller Indonesia yang sampai ke Brasil," tuturnya.

Baca juga: Kuliner dan Fesyen Muslim Jadi Sektor Unggulan Industri Halal Indonesia

Shopee menargetkan dapat mengajak 500 ribu UMKM untuk ekspor.

Saat ini, telah mencapai 180 ribu. Dengan meningkatnya eksportir, diharapkan UMKM Indonesia akan 'naik kelas'.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved