Breaking News:

Pengamat: Dirut Pertamina Nicke Widyawati Layak Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dinilai layak menjadi 17 wanita paling berpengaruh di dunia versi Fortune International.

Pertamina
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dinilai layak masuk dalam jajaran 17 wanita paling berpengaruh di dunia versi Fortune International.

Menurut Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro, prestasi tersebut tak lepas dari keberhasilan Nicke membawa BUMN yang dipimpinnya keluar dari kesulitan di masa pandemi.

“Keberhasilan ini tentu salah satunya karena peran pimpinannya,” kata Komaidi di Jakarta hari ini (16/10/2021).

Komaidi menegaskan, keberhasilan Pertamina, antara lain tercermin dari laporan keuangan.

Termasuk di antaranya, lanjutnya, keberhasilan meraup laba di tengah kondisi yang berat. Padahal, pada saat itu tidak sedikit industri migas dunia yang justru mengalami kerugian.

Baca juga: Jadi Perempuan Berpengaruh di Dunia, ini Sosok Nicke Widyawati

Sesuai laporan keuangan, pada semester I tahun 2021, Pertamina membukukan laba sebesar US$ 183 juta atau setara dengan Rp 2,6 Triliun.

Dibandingkan periode yang sama tahun 2020 dimana perusahaan sempat mengalami kerugian sebesar US$ 768 juta. Dengan begitu BUMN migas ini berhasil meningkatkan laba sebesar US$ 951 juta atau setara dengan Rp 13,6 Triliun.

“Jadi, memang layak diapresiasi. Pencapaian tersebut merupakan prestasi, di tengah kondisi sektor migas yang tidak mudah menghadapi tantangan pandemi Covid-19,” ujar dia.

Komaidi juga sependapat bahwa pandemi Covid-19 menjadikan industri migas berada dalam posisi sulit. Tetapi di sinilah Nicke membuktikan kemampuan.

"Dia berhasil melewati tantangan triple shock. Yaitu, jatuhnya harga minyak, penurunan permintaan bahan bakar, dan tekanan nilai tukar yang dialami Pertamina," katanya.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved