Breaking News:

AETI Minta Anggotanya Terapkan GMP Saat Menambang

Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) terus mendorong anggotanya untuk mengimplementasikan GMP dalam menjalankan proses penambangan timah.

TRIBUN/DANY PERMANA
Pekerja menambang timah di kawasan pertambangan milik PT Timah, Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah, Babel, Selasa (31/7/2018). PT Timah menerapkan teknologi ramah lingkungan baru yaitu tambang kecil terintegrasi (TKT) yang menggunakan sistem penambangan semprot di bawah tanah (sub-surface hydrolic mining). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAAsosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) terus mendorong anggotanya untuk mengimplementasikan Good Mining Practices (GMP) dalam menjalankan proses penambangan timah.

Sekretaris AETI, Jabin Sufianto mengatakan Indonesia menjadi produsen timah terbesar di dunia, untuk itu dalam praktik penambangannya harus menerapkan GMP.

"AETI mendukung untuk implementasi good mining practices melalui Roadmap of Responsible Tin Mining Practice," kata Jabin dalam pernyataannya, Minggu (17/10/2021) malam.

Selain itu, Jabin juga mengajak pelaku pertambangan timah di Indonesia untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan memanfaatkan teknologi yang mumpuni dalam menjalankan proses penambangan.

Baca juga: Eks Lahan Tambang Timah Disulap Jadi Kawasan Agrowisata, Semula Gersang Berubah Jadi Asri

Baca juga: Harga Timah Cetak Rekor Tertinggi, Dirut PT Timah: Alhamdulillah Tahun Ini Kondisi Membaik

Berbagai peluang dalam bisnis pertambangan kata Jabin masih bisa diimprovisasi yakni teknologi eksplorasi, pertambangan baik on shore maupun off shore, pengolahan bijih, peleburan dan pemurnian untuk recovery rate dan peleburan slag timah.

Potensi cadangan timah di Indonesia kata dia juga cukup banyak, untuk itu AETI mendorong perusahaan untuk melakukan eksplorasi, di mana saat ini hanya sedikit perusahaan yang aktif dalam melakukan eksplorasi untuk membuktikan cadangan timah yang banyak.

Penambangan timah yang terintegarasi diawali dengan proses eksplorasi hingga pasca tambang menjadi bagian dalam proses menginplementasikan good mining practice.

Proses penambangan terintegrasi ini telah dilakukan PT Timah Tbk sebagai salah satu perusahaan pertambangan timah yang menjadi represntasi negara. Hal ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan penambangan timah lainnya.

Saat ini, menurut Jabin kegiatan eksplorasi banyak dikesampingkan perusahaan, karena perusahaan timah banyak bergantung pada penambang rakyat yang bermitra dengan pemilik IUP dimana para penambang memiliki cara atau mitos sendiri untuk menemukan timah.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved