Breaking News:

Harga Minyak Dunia Naik, Komisi VII DPR Minta Pemerintah Tak Latah Naikkan Harga BBM

Pemerintah diminta tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), meski harga minyak dunia pada saat ini terus mengalami kenaikan.

Tribunnews.com
SPBU Gontor 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah diminta tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), meski harga minyak dunia pada saat ini terus mengalami kenaikan.

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto mengatakan, pemerintah tidak perlu latah dengan mewacanakan penyesuaian harga jual BBM, khususnya jenis Pertalite

"Fraksi PKS pasti menolak rencana kenaikan itu. Sekarang bukan waktu yang tepat untuk menaikan harga jual BBM jenis Pertalite, karena saat ini pandemi belum usai dan daya beli masyarakat masih lemah," kata Mulyanto kepada wartawan, Kamis (28/10/2021).

Mulyanto melihat, selama ini pemerintah terlalu berpihak pada Pertamina dalam hal kenaikan harga jual BBM, di mana ketika harga BBM anjlok di awal pandemi Covid-19, pemerintah menyetujui Pertamina tidak menurunkan harga jual BBM.

Baca juga: Stok Pertamina Melimpah, Masyarakat Diminta Tak Khawatir Kehabisan BBM

Alasannya, agar kerugian Pertamina tidak terlalu dalam, sehingga BUMN ini tetap dapat menjalankan penugasan pemerintah di sisi hulu migas.

Saat itu, kata Mulyanto, harga BBM yang harusnya turun malah dijual dengan harga biasa tanpa penyesuaian, padahal di negara-negara ASEAN harga jual BBM diturunkan.

"Sekarang ketika, harga BBM mulai merambat naik, pemerintah justru mewacanakan kenaikan BBM dengan menggunakan logika yang serupa. Tentu tidak adil bagi masyarakat," papar politikus PKS itu.

Baca juga: BBM Jenis Biosolar Langka, Pertamina: Karena Permintaan Meningkat

"Kalau rakyat yang harus ketumpuan untuk mensubsidi Pertamina, baik di saat harga BBM anjlok ataupun naik, agar Pertamina tidak rugi. Ini adalah logika yang terbalik," sambungnya.

Di sisi lain, Mulyanto menyebut tidak tepat jika pemerintah maupun Pertamina mengatakan permintaan masyarakat terhadap Premium menurun dan beralih ke Pertalite.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved