Breaking News:

Pemerintah Hibahkan Lahan Aset Eks BLBI Seluas 103.290 M2 ke Pemkot Bogor

Pemerintah pusat menghibahkan tanah seluas 103.290 m2 dengan nilai Rp345,7 miliar kepada Pemkot Bogor dari aset eks BLBI.

Tribunnews/Vincentius Jyestha
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah secara resmi telah menhyerahkan aset eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) kepada  Pemerintah Daerah melalui mekanisme hibah dan Penetapan Status Penggunaan (PSP) kepada tujuh kementerian/lembaga (K/L). 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan keseluruhan aset eks BLBI ini memiliki luas 426.605 m2 senilai Rp492,2 miliar.

Dari jumlah itu, pemerintah pusat menghibahkan tanah seluas 103.290 m2 dengan nilai Rp345,7 miliar kepada Pemkot Bogor. Aset itu berada di Kecamatan Bogor Selatan dan Kecamatan Bogor Timur.

"Tadi pertama kepada Wali Kota Bogor (Bima Arya) yang tadi beliau sampaikan Pak Bima akan buat ibu kota baru di lokasi, sehingga akan buat keseluruhan Kota Bogor jadi jauh lebih baik," kata Sri Mulyani, dalam acara Serah Terima Aset Eks BLBI, di Aula Mezzanine Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Menkeu Ingatkan Pemda, Segera Manfaatkan Aset Hibah Eks BLBI, Biar Tak Diserobot

Sri Mulyani menyebut Pemkot Bogor harus menyiapkan anggaran jika ingin membangun ibu kota baru dengan memanfaatkan hibah aset tersebut. 

Baca juga: Satgas Diminta Lebih Galak ke Obligor BLBI Lewat Blokir Rekening dan Sita Aset

Dia turut berharap pembangunan yang akan dilakukan Pemkot Bogor dapat menggeliatkan kembali kegiatan ekonomi di Bogor dan sekitarnya sebagai upaya pemulihan ekonomi imbas pandemi covid-19.

"Kami semua melihat kegiatan ekonomi sangat terpengaruh akibat covid-19. Jadi langkah-langkah ini saya harap akan memulihkan perekonomian, tidak hanya di Kota Bogor, tapi sekitarnya juga," ucapnya. 

Selain Pemkot Bogor, pemerintah menyebut ada tujuh K/L yang mendapatkan hibah aset eks BLBI. Total aset tanah dan bangunan yang dihibahkan kepada tujuh K/L itu seluas 323.315 m2 senilai Rp146,5 miliar. 

Tujuh K/L itu antara lain Badan Narkotika Nasional (BNN), Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Agama, Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Pertahanan, dan Kepolisian RI. 

Baca juga: Sjamsul Nursalim Cicil Utang BLBI, Segini Nominalnya

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved