Beberkan Penyebab Harga Beras Naik di Awal Tahun, BPS: Pasokan Beras Menipis

Kepala BPS Margo Yuwono mengungkapkan, kenaikan harga beras disebabkan oleh pasokan beras yang menipis pada akhir tahun 2021.

Editor: Sanusi
dok. Kementan
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peningkatan harga beras menjadi salah satu penyumbang peningkatan inflasi pada bulan Januari 2022.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, harga beras di tingkat penggilingan meningkat sebesar 2,23% mom dan di tingkat eceran sebesar 0,94% mom.

Kepala BPS Margo Yuwono mengungkapkan, kenaikan harga beras disebabkan oleh pasokan beras yang menipis pada akhir tahun 2021.

Baca juga: BPS: Penduduk Miskin Indonesia 26,50 Juta Orang

Di tengah penipisan stok beras, permintaan akan beras masih stabil. “Bila melihat data, kenaikan beras karnea di akhir tahun lalu pada Desember 2021 stok beras terbatas,” ujar Margo, Rabu (2/2) dalam konferensi pers secara daring.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kenaikan harga beras pada bulan lalu disebabkan oleh rendahnya panen pada bulan November 2021 hingga Desember 2021.

Baca juga: Harga Beras Naik, Andi Akmal Pasluddin Meminta Pemerintah Bertindak Cepat

Selain rendahnya panen, pada awal tahun 2022 terjadi hidrometeorologi. Bila mengutip dari Kemenko PMK, bencana hidrometeorologi disebabkan oleh faktor alam seperti banjir, tanah longsor, hingga angin puting beliung.

Airlangga memperkirakan, kondisi ini masih akan berlanjut. Namun, ia menenangkan masyarakat bahwa harga beras diperkirakan menurun pada Februari 2022. “Dan kembali stabil mulai Maret 2022 karena mulai masuknya musim panen,” terangnya.

artikel ini sudah tayang di KONTAN dengan judul Ini Penyebab Harga Beras Naik di Awal Tahun

Sumber: Kontan
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved