Mudik Lebaran 2022

Mudik Lebaran 2022, Pergerakan Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 1,58 Juta Orang

di Bandara Soekarno-Hatta, pergerakan penumpang mencapai 1,58 juta orang dengan pergerakan pesawat 12.812 penerbangan.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
Warta Kota/Nur Ichsan
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jumlah masyarakat yang melakukan mudik lebaran pada tahun ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan periode lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini terjadi seiring dengan semakin baiknya penanganan pandemi Covid-19 yang didukung antara lain program vaksinasi booster.

Sejalan dengan hal ini, PT Angkasa Pura II selaku operator 20 bandara, bersama seluruh stakeholder melakukan persiapan maksimal dalam memastikan kelancaran angkutan lebaran 2022.

Baca juga: Setengah Juta Lebih Pemudik Sudah Kembali ke Ibu Kota, Terbanyak Via Tol Trans Jawa

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif pada H-10 hingga H+2 (22 April-5 Mei 2022) mencapai 2,47 juta orang.

Dalam periode tersebut, jumlah pergerakan pesawat tercatat sebanyak 20.301 penerbangan.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, pergerakan penumpang mencapai 1,58 juta orang dengan pergerakan pesawat 12.812 penerbangan.

Baca juga: Cegah Macet Puncak Arus Balik, Liburan Diperpanjang, Anak Sekolah Jabodetabek Masuk Tanggal 12 Mei 

Adapun AP II telah menerima permohonan extra flight penerbangan charter dan berjadwal yang secara kumulatif berjumlah sebanyak 1.008 penerbangan di seluruh bandara AP II dari berbagai maskapai untuk periode 20 April-10 Mei 2022.

Dari permohonan extra flight tersebut, sebanyak 494 extra flight telah digunakan maskapai hingga 6 Mei 2022.

“Pemanfaatan extra flight hampir mencapai 50 persen dari permohonan, di mana rasio ini cukup tinggi karena biasanya pemanfaatan extra flight pada periode peak season berkisar 20-30 persen,” ujar Awaluddin, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Kisah Pengendara Pusing Tujuh Keliling Terjebak Macet Jalur Arteri Imbas One Way Puncak Arus Balik

Penyelenggaraan angkutan lebaran pada tahun ini disambut dengan baik oleh para pemudik di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia dalam melayani para pemudik.

Salah satu penumpang di Terminal 2 Bandara tersebut mengungkapkan pengalaman melakukan perjalanan pada periode sibuk ini.

“Pelayanan baik, tidak ada kendala dan sejauh ini tidak ada masalah. Saat tiba pada periode arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta juga lancar tidak ada keterlambatan,” ujar Fajri yang merupakan penumpang pesawat perjalanan Jambi-Jakarta.

Adanya Airport Health Centre di bandara AP II yang menyediakan layanan tes Covid-19 juga diapresiasi.

Penerbangan Jakarta-Jambi pada hari ini dilayani antara lain oleh Batik Air ID6804 dengan jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved