Plafon Pinjaman Mulai dari Rp 25 Juta, FIF Ekspansi ke Pembiayaan UMKM Lewat Finatra

Ekspansi grup Astra International Tbk menggarap bisnis pembiayaan ke segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan lebih dimaksimalkan

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Melalui PT Federal International Finance (FIFGROUP), Astra menyiapkan produk pembiayaan terbaru ke segmen UMKM yang diberi nama Finatra. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekspansi grup Astra International Tbk menggarap bisnis pembiayaan ke segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan lebih dimaksimalkan mulai tahun ini.

Melalui PT Federal International Finance (FIFGROUP), Astra menyiapkan produk pembiayaan terbaru ke segmen UMKM yang diberi nama Finatra.

Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya mengatakan, Finatra fokus menggarap pembiayaan ke sektor usaha produktif.

Baca juga: The Fed Naikkan Suku Bunga, FIFGroup: Tidak Langsung Berdampak ke Indonesia

Melalui Finatra, FIF menawarkan kemudahan akses modal usaha bagi pelaku UMKM dengan reputasi baik dan memiliki tekad kuat untuk maju.

Selama ini FIF sudah menggarap segmen pembiayaan konsumer melalui empat lini bisnius, yakni Fifastra untuk pembiayaan motor baru Honda baru, Danastra untuk pembiayaan multiguna dan Spektra untuk pembiayaan multiproduk dan Amitra untuk pembiayaan syariah.

Margono menjelaskan, Finatra lahir sebagai upaya Astra dalam mendukung Pemerintah RI untuk memajukan UMKM di Indonesia sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena itu, kehadiran Finatra diharapkan dapat mendorong kebangkitan perekonomian Indonesia.

Baca juga: Delapan Pengusaha Bengkel Muda Binaan Yayasan AHM Terima Suntikan Dana dari FIFGROUP

Mengutip data Kementerian Koperasi dan UMKM, sebanyak 61,97 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dikontribusi oleh UMKM menyerap tenaga kerja paling besar, mencapai 97 persen.

Microfinancing Division Head, Cicilia Tri Hapsariningtyas menjelaskan, Finatra memberikan dukungan modal usaha dengan plafon mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 250 juta dengan tenor maksimal 5 tahun per nasabah.

Baca juga: FIFGROUP Hijaukan Bumi Dengan Tanam 33.000 Pohon Sepanjang 2022 se-Indonesia

Pihaknya juga menawarkan proses pembiayaan yang cepat dengan durasi maksimal 3 hari lamanya.

Pengajuan proposal pembiayaan modal usaha di Finatra bisa menggunakan agunan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kendaraan roda empat atau roda dua, bisa juga berupa sertifikat hak milik sebuah properti.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved