Hari Ini Citilink Layani Penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Batik dan Wings Air Menyusul

Salah satunya Citilink yang memastikan kembali mengoperasikan penerbangannya di Bandara Halim Perdanakusuma.

Editor: Hendra Gunawan
ist
Maskapai penerbangan Citilink melayani penerbangan komersial dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bandara Halim Perdanakusuma yang berlokasi di Jakarta kini telah selesai direvitalisasi, dan kembali melayani penerbangan komersial pada hari ini, 1 September 2022.

Sejumlah maskapai penerbangan menyatakan siap untuk terbang kembali di bandara tersebut.

Salah satunya Citilink yang memastikan kembali mengoperasikan penerbangannya di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Citilink menyambut baik pengoperasian kembali Bandara Halim Perdanakusuma setelah sempat ditutup untuk revitalisasi pada Januari lalu," ucap Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai dalam keterangan tertulis yang diperoleh belum lama ini.

Baca juga: Menteri BUMN Pastikan Garuda dan Citilink Tambah Armada untuk Tekan Harga Tiket Pesawat

Kadek mengatakan, pada tahap awal, Citilink akan melayani penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Surabaya, Denpasar, Padang dan Malang.

Sementara, Lion Air Group melalui afiliasi perusahaan penerbangan Batik Air (kode penerbangan ID) dan Wings Air (kode penerbangan IW) bakal segera menyusul Citilink untuk kembali mengoperasikan layanan penerbangan.

Dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com, Rabu (31/8/2022), saat ini Batik Air dan Wings Air sedang mempersiapkan peralatan darat penunjang pesawat udara (ground service equipment), dokumen penerbangan dan lainnya.

Agar proses perjalanan udara bagi penumpang lancar, aman, nyaman, sehat dan selamat.

Rencana Layanan Penerbangan Batik Air, diantaranya dari dan menuju Bandara Internasional Kualanamu Medan (Sumatera Utara), Bandara Internasional Minangkabau (Sumatera Barat), Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (Riau), Bandara Internasional Adi Soemarmo (Jawa Tengah).

Sebagai tambahan informasi, PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Angkasa Transportindo Selaras sebelumnya telah memastikan kesiapan Bandara Halim Perdanakusuma untuk kembali melayani penerbangan komersial pada 1 September 2022.

Angkasa Transportindo Selaras (ATS) sebagai pengelola lahan seluas 21 hektare di Bandara Halim Perdanakusuma bersama dengan Angkasa Pura II, selaku pemegang izin Badan Usaha Bandar Udara (BUBU), bersinergi dalam memastikan layanan penerbangan komersial berjalan lancar.

Baca juga: Menteri BUMN Pastikan Garuda dan Citilink Tambah Armada untuk Tekan Harga Tiket Pesawat

Hal tersebut termuat dalam Penandatanganan Perjanjian Induk (Head of Agreement) antara AP II dan ATS tentang kerjasama pengelolaan dan pengoperasian bandar udara, yang telah dilakukan pada kemarin (31/8/2022).

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, Bandara Halim Perdanakusuma menjadi etalase pintu masuk Jakarta yang merupakan salah satu kota besar di dunia.

“Kita ingin membangun kebandarudaraan bersama-sama. Kita akan membangun Bandara Halim Perdanakusuma untuk kemajuan Indonesia dalam hal infrastruktur transportasi udara,” ucap Awaluddin dalam keterangan yang diperoleh Tribunnews, Rabu (31/8/2022).

“Terima kasih kepada semua pihak, kepada TNI AU, Kementerian Perhubungan dan seluruh pihak sehingga penandatanganan induk antara AP II dan ATS dapat terealisasi. Kita akan bekerja keras dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” sambungnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved