BBM Bersubsidi

Mengapa Harga Pertalite Tidak Turun saat Pertamax Mengalami Penyesuaian, Ini Kata Pertamina

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menegaskan untuk harga Pertalite tidak mengalami penurunan.

SURYA/PURWANTO
Petugas mengisikan BBM jenis Pertalite di SPBU Jalan Bandung, Kota Malang, Jawa Timur, usai Pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), Sabtu (3/9/2022) siang. PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM), yakni jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM), yakni jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Pada 1 Oktober 2022, harga Pertamax di wilayah DKI Jakarta dibanderol Rp 13.900 per liter.

Sebelumnya harga BBM jenis Pertamax dihargai Rp 14.500 per liter.

Baca juga: Daftar Harga BBM Pertamina per 1 Oktober 2022, Pertamax Turun Jadi Rp 13.900

Kemudian untuk Pertamax Turbo dibanderol sebesar Rp 14.950 per liter, Dexlite senilai Rp 17.800 per liter, dan harga Pertamina Dex menjadi Rp 18.100 per liter.

Mengapa Harga Pertalite Tak Turun?

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menegaskan untuk harga Pertalite tidak mengalami penurunan.

Hal ini dikarenakan Pertalite merupakan BBM bersubsidi, yang harga jualnya diatur oleh Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Pertamina hanya operator. Untuk harga jual BBM Subsidi (Pertalite), harus melalui penentuan harga oleh Regulator," ucap Irto saat dikonfirmasi Tribunnews.

Baca juga: Pertamax Turun, Ini Harga BBM Non-subsidi Pulau Jawa dan Bali Terbaru

Sebelumnya, Pengamat Energi sekaligus Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan memandang, BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar, dinilai tidak akan mengalami penurunan.

Hal tersebut lantaran harga Pertalite dan Solar yang saat ini dijual di SPBU Pertamina masih berada di bawah harga keekonomian.

Ditambah lagi, perhitungan harga BBM subsidi harus dihitung secara detail, agar tak berdampak terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Untuk BBM subsidi saya lihat belum ada kemungkinan penurunan, karena memang harganya masih dibawah keekonomian dari saat ini yang dijual," pungkasnya.

Pengendara roda empat antre mengisi mobilnya dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax di SPBU Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022).
Pengendara roda empat antre mengisi mobilnya dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax di SPBU Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022). (TRIBUN JABAR/Gani Kurniawan)

Berikut harga BBM Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex di seluruh Provinsi di Indonesia:

- Nanggroe Aceh Darussalam

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved