KTT G20 Bali

Vladimir Putin dan Zelensky Absen di KTT G20, Pemimpin Negara-negara Mana yang Akan Hadir

Sejumlah pemimpin negara menyatakan telah siap untuk hadir dalam acara tersebut, demikian pula ada negara yang menyatakan tidak akan hadir.

Editor: Hendra Gunawan
AFP (Kolase Foto Tribunnews)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden China Xi Jinping. Putin dan Zelensky dipastikan tidak datang ke Bali menghadiri KTT G20, sedangkan Jinping menyatakan akan hadir di Bali. 

TRIBUNNEWS.COM -- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali akan digelar pada 15-16 November 2022.

Sebagai tuan rumah, Indonesia pun telah mempersiapkan pertemuan tingkat tinggi antara 19 negara plus satu lembaga dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut.

Sejumlah pemimpin negara menyatakan telah siap untuk hadir dalam acara tersebut, demikian pula ada negara yang menyatakan tidak akan hadir.

Dua diantaranya yag tidak akan hadir adalah pemimpin dua negara yang seang dilanda peperangan yaitu Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky.

Baca juga: Peserta Indonesia Hadir di KTT Nishigoi Pertama Dunia di Niigata Jepang, Lambang Perdamaian

Rusia menyatakan dalam pertemuan ini akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov, sementara Zelensky telah mengonfirmasi akan mengikuti acara KTT secara hybrid.

Daftar Isi Pemimpin yang tidak hadir Pemimpin yang belum diketahui kehadirannya Daftar negara dan lembaga anggota G20 adalah Amerika Serikat (AS), Australia, Argentina, Brasil, China, Kanada, Uni Eropa, Jerman, Perancis, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Arab Saudi, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, dan Inggris.

Sejumlah pemimpin negara anggota G20 telah mengonfirmasi kehadirannya untuk menghadiri KTT di Bali.

Dilansir berbagai sumber, berikut daftar pemimpin anggota G20 yang akan menghadiri KTT G20 di Bali sejauh pengamatan Kompas.com hingga Kamis (10/11/2022).

1. AS

Presiden AS Joe Biden dipastikan menghadiri KTT G20 di Bali pada 15-16 November. Konfirmasi tersebut disampaikan Gedung Putih pada 28 Oktober, sebagaimana dilansir Reuters.

Presiden AS Joe Biden berbicara saat mengunjungi markas Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) di Washington, DC pada 29 September 2022. (Photo by Oliver Contreras / AFP)
Presiden AS Joe Biden 

Gedung Putih menyampaikan, Biden kemungkinan akan tiba di Indonesia pada 13 November setelah sebelumnya mengunjungi Kamboja terlebih dahulu. Baca Juga: Dukung KTT G20, LinkAja Kembangkan Sinergi Strategis Bersama BRI dan Pegadaian

Baca juga: Gubernur Bali Terima Emergency Mobile EV Charging untuk Dukung KTT G20

2. China

Presiden Tiongkok Xi Jinping melalui dua idiom klasik dalam menjalin kerjasama dengan negara lain yakni Jika Anda membuat rencana, Anda harus membuat rencana demi seluruh masyarakat, bukan rencana untuk kepentingan diri sendiri dan sulit bagi seseorang untuk bangkit sendirian, tetapi akan lebih mudah dan cepat jika bangkit bersama-sama.
Presiden Tiongkok Xi Jinping 

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Presiden China Xi Jinping menjadi salah satu pemimpin yang akan hadir dalam KTT G20. Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat ditanya apakah Joe Biden dan Xi Jinping akan menghadiri KTT G20.

“Sudah, sudah, yang sudah pasti 17,” kata Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/11/2022).

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved