Bersiap Hadapi Potensi Resesi, Ini Strategi Perkuat Bisnis di Tahun 2023

Jelang akhir 2022, ekonomi global diprediksi akan mengalami resesi. Lantas, apa saja strategi bisnis dari ajang Seleksi Nasional DSC 2022?

Istimewa
Para Coach DSC 2022 (kiri-kanan); Tarra Budiman, Andanu Prasetyo, Tashya Araysha, dan M. Jupaka 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jelang akhir tahun 2022, ekonomi global diprediksi akan mengalami perlambatan atau resesi. Bagi dunia bisnis, disrupsi telah terasa dari terhambatnya rantai pasok hingga pemutusan hubungan kerja massal. Namun, di tengah ketidakpastian, posisi UMKM disebut dapat menjadi penyelamat pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun depan. 

Tumpuan kepada UMKM ini bukan tanpa alasan. Berkaca pada resesi dan krisis global yang silih berganti dalam 1 dekade terakhir, ditambah adanya pandemi sejak 2020, telah membuktikan bahwa pelaku UMKM memiliki daya tahan menghadapi tantangan ekonomi ini.

Tidak hanya soal bisnis, kuatnya UMKM Indonesia juga merupakan hasil dari mental baja para pelaku usaha. Selain dapat bertahan, resiliensi para pelaku bisnis tanah air juga diharapkan dapat membawa beragam peluang lain, sehingga tantangan ekonomi ini dapat berdampak positif bagi pertumbuhan bangsa.

Dewan Komisioner sekaligus Program Founder Diplomat Success Challenge, Surjanto Yasaputera mengemukakan, “Mental pengusaha ini menjadi sangat penting dan menentukan bagi kelangsungan sebuah usaha, apapun skala bisnisnya. Pemahaman akan industri, kepiawaian, serta persona yang kuat dari seorang founder atau CEO akan membuka banyak peluang bagi bisnis untuk terus berjalan berkelanjutan.”

Sosok-sosok pengusaha dengan mental dan karakter yang unik ini dapat disaksikan dalam web series Diplomat Success Challenge (DSC) 2022 yang tayang sejak 22 November 2022 lewat kanal YouTube resmi Diplomat Sukses. Program dan kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia ini telah memasuki tahap Seleksi Nasional di mana akan terpilih 40 challengers untuk masuk tahap Inkubasi.

Edric Chandra Program Initiator DSC 2022
Edric Chandra Program Initiator DSC 2022.

“Banyak hal menarik yang kita temui dari sosok-sosok para pebisnis muda di tahap Seleksi Nasional DSC 2022 ini. Selain mental pengusaha yang kita cari, ternyata banyak insight soal strategi bisnis yang dapat menjadi pelajaran berharga bagi para pebisnis lain, terutama di tengah kemungkinan kita menghadapi tantangan resesi di tahun depan, atau potensi krisis lainnya, sehingga kita bisa selalu bersiap,” ujar Edric Chandra Program Initiator DSC 2022.

Lantas, apa saja strategi bisnis dari ajang Seleksi Nasional DSC 2022?

1. Administrasi yang dikelola dengan baik

Administrasi kerap dikesampingkan oleh pelaku usaha, padahal kerapian administrasi pada bisnis kecil pun dapat membawa dampak yang signifikan pada operasional perusahaan. Pembuatan faktur, pengelolaan pengeluaran, penggajian, dan pembukuan dasar menjadi beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. 

2. Rekrutmen dan SDM

Bisnis dengan skala mikro dan kecil seringkali dikelola dalam tim kecil. Namun, kebutuhan akan ekspansi bisnis pastinya menuntut personil yang lebih banyak dengan keahlian yang beragam. Maka dari itu, penting sekali melakukan proses rekrutmen untuk membentuk tim kerja yang tepat demi keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis di masa depan. 

3. Pemasaran, Media Sosial, dan Manajemen Hubungan Pelanggan

Memasarkan dan mempromosikan bisnis di media digital, terutama di media sosial, merupakan hal yang krusial saat ini. Kini banyak aplikasi dan instant tools yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimasi kehadiran sebuah bisnis di ranah digital. Pastikan alat pemasaran digital sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan jangan ragu untuk mengeksplorasi beragam alat pemasaran digital lainnya.

4. Jaringan

Salah satu bagian penting dari mengembangkan bisnis adalah menciptakan jaringan bisnis. Pelaku bisnis perlu berjejaring dengan bisnis kecil lainnya, vendor, mitra kerja, dan bahkan calon investor. Membangun relasi dan jaringan kadang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis kecil.

Namun, saat ini terbuka banyak kesempatan untuk bergabung di jaringan bisnis, asalkan para pengusaha jeli melihat potensinya. Salah satu jaringan bisnis yang telah eksis selama 13 tahun di Indonesia adalah Diplomat Entrepreneur Network (DEN) yang merupakan rumah bagi para alumni DSC sejak tahun 2010.

Dua peserta DSC 2022 mempresentasikan bisnisnya
Dua peserta DSC 2022 mempresentasikan bisnisnya selama 1 menit di hadapan para Coach dalam Seleksi Nasional DSC 2022

Perjalanan Challengers di Seleksi Nasional DSC 2022

DSC 2022 telah sukses menjaring 23.657 proposal bisnis, dan kini proses seleksi memasuki tahap Seleksi Nasional. Para challengers berjuang untuk mendapatkan ‘Success Ticket’ agar dapat menuju ke tahapan berikutnya, yaitu tahap Inkubasi.

Audisi Seleksi Nasional diadakan di dua kota, Surabaya dan Jakarta. Dalam Seleksi Nasional DSC 2022, telah terpilih 40 finalis dengan ragam kategori bisnis mulai dari Agrobisnis hingga Teknologi Terapan, hingga kategori bisnis populer seperti F&B dan Fashion yang masih mendominasi jalannya kompetisi.

Proses seleksi digawangi oleh para Coach yang merupakan praktisi bisnis di bidangnya masing-masing. Mereka adalah M. Jupaka, COO Nama Beauty & Strategic Advisor, Andanu Prasetyo, CEO of Maka Group dan Founder Toko Kopi Tuku, Tashya Araysha, Director RANS Bisnis Indonesia, serta Tarra Budiman, CEO Shining Bright.

Berbeda dari tahun sebelumnya, proses seleksi DSC tahun ini juga didukung oleh para anggota Diplomat Entrepreneur Network (DEN) yang akan menjadi Fasilitator. Dengan bisnis yang telah dibuktikan lewat ajang DSC, serta pengalaman mengembangkan bisnis dari nol, diharapkan proses pelatihan dari DEN akan lebih beresonansi kepada para challengers nantinya.

Saksikan keseruan jalannya Seleksi Nasional DSC 2022 dalam web series DSC 2022 yang tayang mulai 22 November 2022 lewat kanal YouTube resmi Diplomat Sukses, serta di situs diplomatsukses.com. Nantikan juga update DSC 2022 melalui media sosial; Instagram @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, dan Twitter @diplomat_sukses.

Admin: Sponsored Content
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved