Virus Corona

Pemerintah Tak Bisa Atasi Virus Corona Sendiri, Perlu Peran Serta Influencer dan Masyarakat

Dia menyebut peran influencer penting untuk membantu dan menyampaikan sistem informasi terkait pencegahan dan penanganan virus corona ke masyarakat

Pemerintah Tak Bisa Atasi Virus Corona Sendiri, Perlu Peran Serta Influencer dan Masyarakat
nadolu
Outlet media Irak melaporkan perusahaan farmasi lokal menemukan obat yang dapat mengobati coronavirus. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik Karyono Wibowo menilai pemerintah tak bisa mengatasi wabah virus corona atau Covid-19 sendirian.

Menurutnya diperlukan peran serta dari influencer dan masyarakat.

"Untuk mengatasi virus corona ini, pemerintah dalam hal ini Satgas Percepatan Penanganan virus corona tidak bisa bekerja sendirian. Memang memerlukan partisipasi dari semua komponen masyarakat, ternasuk diantaranya adalah para influencer atau pemengaruh," ujar Karyono, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (26/3/2020).

Dia menyebut peran influencer penting untuk membantu dan menyampaikan sistem informasi terkait pencegahan dan penanganan virus corona ke masyarakat paling bawah.

Oleh karenanya, langkah BNPB melibatkan para influencer dinilai Karyono tepat dan merupakan bagian dari upaya penanganan dan pencegahan dengan metode partisipatori.

Baca: Muhammadiyah: Jenazah Dapat Dimakamkan Tanpa Dimandikan dan Dikafani

"Yaitu metode melibatkan banyak orang untuk berpartisipasi dalam mengatasi wabah Covid-19 ini. Influencer sangat diperlukan untuk menyampaikan pesan-pesan resmi dari gugus tugas dan mengolahnya menjadi sebuah informasi yang menarik dan mudah dipahami masyarakat,' kata dia.

Selain itu, kata dia, para influencer juga memiliki fungsi lain dalam situasi darurat seperti yang terjadi saat ini. Karyono mengatakan mereka dapat membantu menepis hoaks yang bertebaran di ruang publik.

"Karenanya diperlukan strategi komunikasi publik yang terintegrasi, sistematis, edukatif, partisipatif, kreatif dan mudah dimengerti yaitu melalui influencer," tandasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved