Virus Corona

Kementerian Luar Negeri RI Imbau WNI Tunda Perjalanan ke Turki

Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) mengimbau warga negara Indonesia (WNI) menunda perjalanan ke Turki untuk sementara waktu.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi virus corona atau Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) mengimbau warga negara Indonesia (WNI) menunda perjalanan ke Turki untuk sementara waktu.

Alasannya Turki telah menerapkan kebijakan lockdown pada 31 kota dan 50 kampung (koy) yang dimulai pada Jumat (3/4/2020) tengah malam waktu setempat hingga 15 hari ke depan.

"Hanya kendaraan penyuplai kebutuhan logistik dan medis yang boleh keluar masuk kota atau kampung tersebut sampai 15 hari ke depan," demikian keterangan yang dikeluarkan Kemlu RI lewat aplikasi Safe Travel, Minggu (5/4/2020).

Baca: Kasus Corona di Singapura Bertambah, Tercatat 1.189 Orang Positif Covid-19

Kebijakan tersebut diberlakukan sebagai upaya mengatasi penyebaran Covid-19 yang diumumkan langsung Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan pada Jumat (3/4/2020).

Pemerintah Turki juga menerapkan larangan keluar rumah yang semula hanya untuk warga berusia 65 tahun ke atas diperluas pemberlakuannya kepada warga berusia 20 tahun ke bawah.

Kebijakan ini dibuat berdasarkan analisa terhadap statistik pasien di Turki serta di sejumlah negara lain.

Baca: LRT Jakarta Mulai Besok Sosialisasikan Kebijakan Wajib Pakai Masker Kepada Calon Penumpang

Pemerintah Indonesia lewat perwakilannya di Turki mengimbau agar WNI senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan melakukan langkah-langkah pencegahan penularan COVID-19.

Perwakilan RI di Turki juga menyediakan nomor hotline buang dapat dihubungi WNI dalam kondisi darurat, diantaranya;

KBRI Ankara: +90 532 135 2298 atau +90 533 812 0760 dan KJRI Istanbul: +90 534 453 5611.

"Anda juga dapat menggunakan Tombol Darurat aplikasi Safe Travel Kementerian Luar Negeri untuk menghubungi Perwakilan RI dimaksud," tuilis dalam keterangan tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved