Breaking News:

Virus Corona

Gugus Tugas Ungkap 30 Ribu Relawannya Belum Ada yang Terpapar Covid-19

Angka tersebut terbagi menjadi dua, yakni relawan medis yang berjumlah 7.115 dan relawan nonmedis yang angkanya sebanyak 22.983 orang.

istimewa
Seusai melakukan Rapid Test massal, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid19 juga akan melaksanakan Mobile Rapid Test untuk empat lokasi yang berada di zona merah penyebaran Covid19. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengungkap relawan-relawannya hingga saat ini belum ada yang terpapar Covid-19.

Adapun jumlah relawan Gugas sebanyak 30.098 orang.

Angka tersebut terbagi menjadi dua, yakni relawan medis yang berjumlah 7.115 dan relawan nonmedis yang angkanya sebanyak 22.983 orang.

Baca: PSBB Jakarta Diperpanjang, Anies Sebut Kehidupan Kembali Seperti Semula jika Warga Disiplin di Rumah

"Kalau yang dari relawan gugus tugas alhamdulillah belum. Kalau perlu tidak ada, jangan sampai," kata Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Andre Rahadian dalam siaran BNPB, Rabu (20/5/2020).

Karena itulah, Andre menyebut para relawan diberikan pelatihan dan perlindungan dalam melakukan tugasnya, sehingga para relawan tidak menjadi penyebar maupun korban.

Baca: Kata Sosiolog Soal Keramaian Masyarakat di Pusat Perbelanjaan Sampai Abaikan PSBB dan Tak Jaga Jarak

"Karena kita berperang dengan virus, dan salah satu memenangkannya dengan data dan protokol yang lengkap, maka relawan yang ada sekarang terutama yang nonmedis ini adalah mendukung relawan medis dalam mengumpulkan data," lanjut Andre.

Data tersebut yakni data yang bersumber dari masyarakat yang terkena dampak baik ODP, PDP, atau bahkan dampak ekonomi.

"Para relawan juga memberikan edukasi, jadi lebih berperan sebagai penyuluh di masyarakat dalam lingkungan mandiri. Kita punya program lingkungan mandiri menjadi peran dalam relawan," tukas Andre.

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved