Breaking News:

Virus Corona

Menkes Keluarkan Panduan New Normal Kerja, Wakil Ketua Komisi IX Minta Panduan di Sektor Lain

Kebijakan yang dibuat Menkes Terawan penting untuk menindaklanjuti pesan dan arahan Presiden Jokowi sehingga aspek kesehatan terkait memutus rantai

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Aturan New Normal di Perkantoran 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto mengeluarkan panduan untuk melaksanakan kebiasaan baru atau new normal dalam mencegah virus corona (covid-19) di tempat bekerja.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena mengatakan kebijakan tersebut dibuat Terawan menindaklanjuti pesan dan arahan Presiden Joko Widodo.

"Kebijakan yang dibuat Menkes Terawan penting untuk menindaklanjuti pesan dan arahan Presiden Jokowi sehingga aspek kesehatan terkait memutus rantai dan mencegah penularan Covid-19 jalan dan saat yang sama roda ekonomi berputar melalui protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ujar Melki, ketika dihubungi Tribunnews.com, Selasa (26/5/2020).

Menurutnya kebijakan Terawan membuat protokol kesehatan di tempat kerja merupakan satu kesatuan untuk memastikan warga negara tetap sehat saat bekerja.

Baca: Pemerintah Belum Putuskan Kebijakan New Normal, Mahfud Sebut Sudah Ada Perhitungan Matematis

Pasalnya, kata dia, protokol kesehatan tersebut dimulai sejak orang berangkat dari rumah, sepanjang perjalanan, pada saat di tempat kerja, pada saat balik dan saat tiba di rumah.

Di sisi lain, Melki meminta agar protokol kesehatan di sektor lain juga segera dibuat dan disosialisasikan ke masyarakat. Seperti protokol kesehatan di dunia pendidikan, tempat beribadah, tempak umum seperti mall dan pasar.

Baca: Bahar Bin Smith: Saya Bersedia Rambut Saya Dipotong Tanpa Paksaan dari Siapapun

"Bagaimana protokol kesehatan di dunia pendidikan dari PAUD sampai kampus, juga protokol kesehatan untuk transportasi darat laut udara. Kemudian bagaimana protokol kesehatan di tempat beribadah, di mall atau pasar dan aktivitas lainnya," kata dia.

"Buat detail dan jelas, dikampanyekan para tokoh masyarakat menggunakan berbagai media elektronik cetak online secara masif," ungkap Melki.

Politikus Golkar tersebut menilai kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan harus dibangun secara ketat dan disiplin, disamping pemerintah juga memandu masyarakat untuk mengikutinya.

"Pelaksanaan dan evaluasi protokol kesehatan di berbagai aspek dilakukan monitoring secara ketat. Evaluasi dan penyesuaian secara terus menerus niscaya membantu cara pandang dan perilaku masyarakat untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, seperti penyakit lain TBC, DBD, Malaria, HIV AIDS," tandasnya.

Halaman
1234
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved