Breaking News:

Virus Corona

Pengertian 'New Normal' dan Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 di Tempat Kerja

Apa itu New Normal? Bagaimana dampak kedepannya untuk masyarakat? Berikut Panduan Pencegahan Penularan Covid-19 di Tempat Kerja

CNN
Ilustrasi Coronavirus 

TRIBUNNEWS.COM - Apa itu New Normal? Bagaimana dampak kedepannya untuk masyarakat?

Ketika dihubungi Tribunnews.com, Psikolog Yuli Budirahayu menjelaskan bahwa New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan menerapkan protokol kesehatan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Jika New Normal diterapkan maka seseorang nantinya akan mengadopsi perilaku hidup berbeda agar menekan risiko penularan virus.

"Ya melakukan perilaku hidup berbeda dari biasanya, seperti bekerja tetapi dari rumah (work from home), saat keluar rumah menggunakan masker, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan lain sebagainya," kata Yuli.

Baca: Saat New Normal, Tempat Ibadah Harus Dibuka Kembali

Kehidupan yang dijalani masyarakat akan berubah, entah itu dari berbagai aspek baik ekonomi, sosial, spiritual, kesehatan, dan bahkan psikologisnya.

"Sebelumnya, masyarakat perlu diberikan psikoedukasi atau pemahaman mengenai pengertian hal tersebut agar bisa menambah wawasan mereka," ungkap Yuli.

Hal tersebut bertujuan apabila diterapkan di masyarakat, mereka lebih bisa menerima dan menjalani aktivitas seperti biasa.

"Masyarakat jadi tidak mudah panik dan stress karena harus melakukan aktivitas seperti biasa (normal) meski dengan menggunakan tatanan atau aturan yang baru jika pada akhirnya hal tersebut diterapkan," lanjutnya.

Baca: Update Corona Global, Selasa 26 Mei 2020: India Urutan ke-10, Total Kasus Capai 145 Ribu Lebih

Baca: Vaksin Virus Corona Sudah Dilakukan Uji Coba Pertama, Sudah Menunjukkan Hasil yang Aman dan Efektif

Sementara itu, dilansir Kompas.com, Selasa (26/5/2020) Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia akan memasuki tatanan kehidupan baru (new normal).

Jokowi menambahkan, jika nantinya masyarakat harus berdamai dan hidup berdampingan dengan Covid-19 karena virus itu tak akan hilang.

Halaman
1234
Penulis: Lanny Latifah
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved