Breaking News:

Virus Corona

Pakar IT Al Ghozi: Transparansi Data Penanganan Covid-19 itu Penting, Ada yang Disembunyikan Bahaya

Ghozi mengajak masyarakat untuk tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan dan tetap produktif meskipun harus berada di rumah.

Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19
Ahmad Al Ghozi, salah satu pakar teknologi informasi (IT) muda membagikan pengalamannya dalam membantu Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Ghozi saat berdialog di Media Center Satgas Nasional, Jakarta, Rabu (12/8/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peningkatan angka kasus Covid-19 semakin terlihat. Hal ini membuat data dan angka kasus berubah tiap harinya.

Untuk itu, penguatan maupun perbaikan sistem data pun terus diperhatikan agar mampu memberikan transparansi informasi mengenai angka kasus Covid-19 kepada masyarakat.

Ahmad Al Ghozi, salah satu pakar teknologi informasi (IT) muda membagikan pengalamannya dalam membantu Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Salah satu bentuk kontribusi Ghozi adalah memperkuat aplikasi PeduliLindungi, sebuah aplikasi untuk melakukan tracing Covid-19, yang saat ini sudah siap dan akan dimatangkan sebelum disebarkan ke 34 Provinsi di Indonesia.

"Kita memperkuat satu aplikasi untuk Indonesia untuk perjalanan tracing, pelaku perjalanan, terus kemudian memperbaiki sistem yang sudah ada atau meningkatkan lah," ujar Ghozi saat berdialog di Media Center Satgas Nasional, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Ghozi turut membantu Satgas Penanganan Covid-19 yang ada di beberapa bagian di Indonesia dengan memperkuat sistem IT yang dimiliki oleh masing-masing daerah, seperti Bangka-Belitung, Surabaya, Kepulauan Riau dan Sulawesi Selatan.

Baca: Relawan Ceritakan Proses Uji Klinis Vaksin Covid-19, Akui Tidak Ada Hal Aneh

"Kalau sistem itu atau IT itu yang paling penting itu adalah menggunakannya dengan baik, jangan sampai kita buat sistem yang susah dimengerti kemudian tidak digunakan," tuturnya.

Ghozi turut mengatakan pentingnya transparansi dalam penanganan Covid-19.

"Transparansi itu penting terus kemudian data yang ril itu penting, ada yang disembunyikan sedikit itu bahaya," imbuhnya.

Dalam melakukan penanganan penyebaran Covid-19, ia mengatakan bahwa kolaborasi antara satu pihak dengan yang lainnya di Satgas sudah sangat baik sehingga terjalin sinergi yang kuat.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved