Breaking News:

Virus Corona

Pemerintah Beri Tes Swab Gratis Bagi Tenaga Medis

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah menyediakan swab test atau tes usap gratis untuk para tenaga kesehatan.

Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat Update Penanganan Covid-19 melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20/8/2020). / Capture video 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah menyediakan swab test atau tes usap gratis untuk para tenaga kesehatan.

Wiku mengatakan, tes swab tersebut untuk memberikan perlindungan kepada para tenaga medis dalam melawan Covid-19.

Hal itu disampaikan Wiku saat memberikan keterangan pers terkait Perkembangan Penanganan Covid-19, melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/9/2020).

Baca: Empat Langkah OJK Dukung Kebijakan Pemerintah dalam Mitigasi Covid-19

"Satgas Covid-19 berkomitmen untuk memberikan perlindungan kepada para tenaga kesehatan yang menjadi garda terakhir dalam penanganan Covid-19 dan hal ini kami wujudkan dengan memberikan swab test gratis," kata Wiku.

Wiku juga mendorong para tenaga kesehatan untuk mengikuti tes ini.

Nantinya, tes swab gratis ini telah dilakukan mulai Selasa hari ini dan diawali di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Baca: Jubir Satgas: Kantor Pemerintahan dan Swasta Masih Lengah Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Selain itu, Wiku memastikan tes swab gratis untuk para tenaga kesehatan ini akan dilakukan di provinsi lainnya, khususnya yang masuk zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19.

"Karena itu kami mendorong kepada tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 ini untuk ikut serta dalam program ini sehingga betul-betul dapat mendeteksi lebih dini dan mencegah potensi penyebaran lebih lanjut kepada tenaga kesehatan dan yang lainnya," jelas Wiku.

Wiku mengatakan, saat ini rumah sakit menjadi klaster penularan terbanyak yang menyumbangkan angka kasus Covid-19.

Halaman
1234
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved