Breaking News:

Virus Corona

Otoritas Kesehatan China dan WHO Bahas Kerja Sama untuk Selidiki Asal Virus Corona di Wuhan

Kepala Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) Ma Xiaowei membahas kerja sama penyelidikan asal virus corona dengan Direktur Jenderal WHO

AFP/HECTOR RETAMAL
Para staf di Rumah Sakit Palang Merah Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020), menggunakan pelindung khusus, untuk menghindari serangan virus corona yang mematikan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Kepala Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) Ma Xiaowei membahas kerja sama penyelidikan asal virus corona dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom dalam panggilan telepon.

Tim WHO saat ini berada di China untuk menyelidiki asal-usul pandemi Covid-19.

Menurut sebuah pernyataan yang dirilis di situs web NHC pada Kamis (28/1/2021) seperti dilansir Reuters, kedua pimpinan itu juga bertukar pandangan tentang pencegahan dan penilaian respons Covid-19.

Usai Karantina 14 Hari, Akhirnya Tim WHO di Wuhan Mulai Selidiki Asal Covid-19

Wuhan pada bulan Februari, sepi karena lockdown
Wuhan pada bulan Februari, sepi karena lockdown (Sky News)

Tim peneliti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memulai misi penyelidikan lapangan dalam misi mencari fakta tentang asal-usul virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China dan menyebabkan pandemi Covid-19 di dunia.

Sebenarnya tim peneliti WHO sudah berada di Wuhan sejak Kamis (14/1/2021) lalu. Tetapi mereka masih harus diharuskan menyelesaikan 14 hari di karantina setelah tiba di China.

Tim peneliti WHO terlihat meninggalkan hotel karantina dan naik bus di tengah hari, Kamis (28/1/2021), seperti dilansir Associated Press (AP).

Misi ini disebut menjadi bermuatan politis, karena China dianggap berusaha untuk menghindari kesalahan atas dugaan awal kesalahan langkah dalam penanganan atau respon awalnya terhadap wabah.

Muncul pertanyaan utama, ke mana otoritas China akan mengizinkan para peneliti WHO pergi dan dengan siapa mereka akan dapat berbicara.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved