Breaking News:

Reaksi Kemenkes Soal Satpam SMP di Tangsel Meninggal Usai Sebulan Divaksin Covid-19

Bagaimana tanggapan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait kasus meninggalnya Sarmili satpam SMPN 11 Tangsel yang meninggal sebulan usai vaksin?

Freepik
ilustrasi vaksin 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasca berlangsungnya program vaksinasi virus corona (Covid-19) yang kini telah dilakukan terhadap berbagai kelompok, seperti tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, hingga lanjut usia (lansia), sebagian peserta vaksinasi pun merasakan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

KIPI merupakan semua kejadian maupun reaksi medis yang timbul atau terjadi setelah peserta mendapatkan suntikan vaksin dan reaksi ini akan menjadi perhatian tenaga medis yang bertugas.

Seorang satpam bernama Sarmili (45) yang bekerja di SMPN 11 Tangerang Selatan dikabarkan meninggal dunia setelah satu bulan memperoleh vaksinasi yang dilaksanakan di sekolah tersebut.

Ia merasakan demam atau meriang, kemudian dibawa ke beberapa fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) untuk mendapatkan penanganan.

Namun pada akhirnya Sarmili meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang Selatan, pada 29 Maret 2021.

Lalu bagaimana tanggapan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait kasus meninggalnya Sarmili satpam SMPN 11 Tangsel yang meninggal sebulan usai vaksin?

Baca juga: Sekuriti SMPN di Tangsel Sakit dan Meninggal Usai Divaksin Covid-19, Dokter Sebut Bukan TKIPI

Baca juga: Epidemiolog: Pemda Perlu Prioritaskan Vaksinasi Pekerja Sektor Transportasi Termasuk Ojol

Baca juga: Wamenkes: Belum Ada Laporan KIPI Berat Lansia Pasca Vaksinasi Covid-19

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa kajian mengenai kasus ini akan dilakukan Komisariat Daerah (Komda) KIPI wilayah Tangsel dan Jawa Barat (Jabar).

"Ini nanti Komda KIPI Tangsel dan Jabar yang akan mengkaji ya," ujar Siti Nadia, kepada Tribunnews, Jumat (2/4/2021).

Pihaknya pun tengah menunggu hasil kajian terkait KIPI yang muncul pada sebagian peserta, termasuk Sarmili, dari Komda dan Komisi Nasional (Komnas) KIPI.

Halaman
1234
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved