Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Gotong Royong akan Mulai 17 Mei 2021

Pelaksanaan vaksin gotong-royong diundur hingga usai Lebaran Idul Fitri agar tidak terganggu hari libur.

WARTAKOTA/Henry Lopulalan
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengadakan program vaksinasi bagi 1000 pekerja atau buruh di Kantor Kemnaker, Jalan Gatot Subroto,Jakarta Selatan, Selasa (4/5/2021). Pelaksanaan vaksinasi diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day Tahun 2021. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksanaan vaksinasi gotong royong diputuskan mulai digelar 17 Mei 2021 atau setelah hari raya Idul Fitri.

Hal itu disampaikan Koordinator Komunikasi Publik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Arya Sinulingga dalam dialog virtual “Indonesia Siap Vaksin Gotong-Royong, Kamis (6/5/2021).

"Saya luruskan, bukan tanggal 9 Mei mulainya, tetapi 17 Mei. Jadi setelah Lebaran baru ada vaksinasi gotong royong dilakukan," ujar Staf Khusus Menteri BUMN ini dalam diskusi secara virtual, Kamis (6/5/2021).

Pelaksanaan vaksin gotong-royong diundur hingga usai Lebaran Idul Fitri agar tidak terganggu hari libur.

"Ini kan mau lebaran, kalau mau dipepet minggu ini, nanti ada yang sudah divaksin, kemudian misalnya ada ribuan yang tertunda karena libur lebaran. Karena itu kita tunda hingga 17 Mei, supaya lebarannya selesai dan sudah langsug lancar ke depannya," jelasnya.

Baca juga: Proses Vaksinasi Covid-19 Kini Dipersingkat, Waktu Observasi Hanya 15 Menit

Arya menjelaskan pelaksanaan vaksinasi gotong royong yang dilakukan pengusaha itu bertujuan untuk mempercepat tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Prinsip dasarnya adalah bagaimana supaya herd immunity ini tercapai percepatan,” jelas Arya.

Meskipun pemerintah sudah menjalankan program vaksinasi gratis bagi semua masyarakat hingga hari ini, pengusaha yang bernaung dalam Kamar Dagang dan Investasi Indonesia (Kadin) ikut berkontribusi membantu mencapai target tersebut dengan melakukan vaksin untuk karyawan atau buruhnya.

“ Pemerintah sudah punya program vaksinasi gratis untuk semua rakyat, tetapi dari teman-teman pengusaha mencoba membantu pemerintah dengan cara mau ikutan juga untuk memvaksin karyawan atau burunya,” ucapnya.

Arya menjelaskan, pembelian vaksin Covid-19 untuk vaksinasi gotong royong ini ditanggung oleh perusahaan dan diberikan secara gratis kepada seluruh karyawan atau buruhnya.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved