Breaking News:

Virus Corona

Virus Corona Varian Delta Disebut Lebih Menular dan Berbahaya Dibandingkan Alpha

Varian B.1.617.2 atau Delta memiliki beberapa mutasi yang tampaknya memberikan 'keunggulan tertentu' dibandingkan strain lainnya

kompas
ILustrasin virus corona.Virus Corona Varian Delta Disebut Lebih Menular dan Berbahaya Dibandingkan Alpha 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Varian virus corona (Covid-19) B.1.617.2 atau disebut juga sebagai 'Delta' yang awalnya ditemukan di India pada Desember 2020, kini telah menjadi salah satu jenis virus yang paling mengkhawatirkan secara global.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa varian tersebut mungkin menjadi varian paling menular dan telah memicu terjadinya gelombang pandemi di seluruh dunia.

Perlu diketahui, B.1.617.2 setidaknya telah menyebar ke 62 negara, termasuk Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Varian Delta Ditemukan Pada Kasus Baru Covid-19 di Victoria Australia

Baca juga: Varian Baru Terus Bermunculan di Indonesia, Pemerintah Siapkan Beberapa Strategi

Bahkan varian ini diyakini berkontribusi pada munculnya gelombang besar kasus Covid-19 yang telah 'membanjiri' India dalam beberapa bulan terakhir.

Selain itu, tampaknya varian ini juga telah menjadi strain dominan yang menginfeksi orang yang tidak divaksinasi di Inggris.

Dibandingkan strain lainnya, varian ini lebih mungkin menginfeksi orang yang hanya mendapatkan satu kali tahapan vaksinasi.

Satgas Covid-19 kembali melakukan penelusuran atau tracing dengan swab PCR kepada warga sekitar Taman Pintar Kayu Putih, Jakarta Timur, Selasa (8/6/2021). Sebelumnya satgas sudah melakukan tracing kepada 48 warga dengan hasil negatif, pihak Polsek Pulogadung juga telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga. Tracing terus ditingkatkan oleh pemerintah untuk mengetahui penyebaran Covid diantara warga dan antisipasi Covid-19 varian baru. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Satgas Covid-19 kembali melakukan penelusuran atau tracing dengan swab PCR kepada warga sekitar Taman Pintar Kayu Putih, Jakarta Timur, Selasa (8/6/2021). Sebelumnya satgas sudah melakukan tracing kepada 48 warga dengan hasil negatif, pihak Polsek Pulogadung juga telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga. Tracing terus ditingkatkan oleh pemerintah untuk mengetahui penyebaran Covid diantara warga dan antisipasi Covid-19 varian baru. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Lalu apa perbedaan B.1.617.2 dengan varian lainnya dan mengapa bisa lebih berbahaya?

Dikutip dari laman New York Magazine, Rabu (9/6/2021), varian B.1.617.2 atau Delta memiliki beberapa mutasi yang tampaknya memberikan 'keunggulan tertentu' dibandingkan strain lainnya.

Keunggulan nyata yang harus menjadi perhatian adalah bahwa mutasinya dapat membuat strain lebih mudah menular, ini juga akan menjadikannya sebagai varian yang paling berbahaya.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved