Breaking News:

Penanganan Covid

Kemenkes: 548 Ribu Anak Telah Terima Suntikan Vaksin Covid-19

Adapun target sasaran kelompok usia 12-17 tahun ini adalah 11,9 juta orang.

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI PELAJAR - Petugas kesehatan melakukan vaksinasi COVID-19 kepada pelajar dalam Serbuan Vaksinasi COVID-19 di GOR Bola Basket AAL Bumimoro, Rabu (21/7/2021). Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) melaksanakan vaksinasi COVID-19 yang diperuntukkan untuk anak usia 12 - 17 tahun guna mewujudkan kekebalan komunal atau 'herd immunity' menuju Indonesia sehat. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan telah memperluas vaksinasi Covid-19 pada anak usia 12-17 tahun sejak 1 Juli lalu.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi M Epid melaporkan, sejauh ini ada 548 ribu anak yang telah menerima vaksinasi Covid-19.

"Sejauh ini jumlah anak-anak yang sudah mendapatkan vaksinasi itu sebesar 548 ribu orang," ujar Nadia dalam Siaran Pers di kanal YouTube FMB9ID_IKP pada Kamis (22/7/2021).

Adapun target sasaran kelompok usia 12-17 tahun ini adalah 11,9 juta orang.

Ia memaparkan, sebaran pelaksanaan vaksinasi untuk kelompok usia 12-17 tahun ini telah berada di seluruh provinsi Indonesia.

Baca juga: Gelar Gerai Vaksin Keliling, TNI-Polri Targetkan 20.000 Warga Duri Pulo Menerima Vaksinasi

Namun lantaran, di Jawa dan Bali dua Minggu belakangan terjadi lonjakan kasus cukup tinggi, maka distribusi vaksin 50 persen berada di Jawa dan Bali.

"Sisanya itu kita bagi secara rata ke provinsi lainnya, termasuk juga alokasi untuk usia remaja tadi," ungkap perempuan berhijab ini.

Baca juga: Total Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap Baru Capai 7 Persen

Sebagai langkah percepatan vaksinasi untuk usia 12-17 tahun maka Kementerian Kesehatan fokus pada pelaksanaan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan atau di sekolah masing-masing.

Untuk di fasyankes, mengantisipasi usia 12-17 tahun yang mungkin tidak berada di bangku sekolah.

"Jadi dengan adanya fasilitas pelayanan kesehatan Puskesmas rumah sakit ataupun pos vaksinasi ini memudahkan mereka untuk mengakses layanan tersebut," kata jelas dia.

Sementara di sekolah, Kemenkes bekerjasama dengan sekolah-sekolah untuk memberikan layanan vaksinasi.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved