Ibadah Haji 2019

Kemenag Mulai Menggali Ide Penyempurnaan Buku Manasik Haji

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah mencanangkan tahun 2020 sebagai tahun peningkatan kualitas bimbingan ibadah haji.

Kemenag Mulai Menggali Ide Penyempurnaan Buku Manasik Haji
Tribunnews/Bahaudin/MCH2019
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin melepas Jemaah Haji Indonesia kloter 1 JKS di Hotel Tharawat Al Misfalah, Misfalah, Makkah, Sabtu (17/8/2019). (Tribunnews/Bahaudin/MCH2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah mencanangkan tahun 2020 sebagai tahun peningkatan kualitas bimbingan ibadah haji.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyempurnakan buku panduan manasik jemaah haji Indonesia. 

Untuk itu, Kemenag mulai menggali ide bagi penyempurnaan buku manasik tersebut. 

Hal ini dikemukakan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan usai berdiskusi dengan sejumlah konsultan dan pembimbing ibadah di Makkah.

"Ini bagian dari shopping of ideas. Saya sebagai Sekretaris Jenderal lebih memposisikan diri sebagai orang yang sedang menggali informasi, realitas-realitas di lapangan,” kata M. Nur Kholis.

Sekjen M Nur Kholis menuturkan, dalam tiga hari kunjungannya di Makkah, ia akan berkeliling ke sektor-sektor hotel jemaah untuk mengetahui kondisi nyata yang terjadi selama pelaksanaan ibadah haji 1440H/2019M.

Termasuk di dalamnya adalah menggali informasi terkait pelaksanaan manasik haji.

"Kita banyak diskusi dengan pembimbing dan konsultan ibadah. Sebagian besar dari mereka banyak juga yang berlatar belakang akademisi dan pemikir keislaman. Sehingga, diskusi kita lebih banyak kepada wacana arena keislaman, yang dilandasi oleh realitas-realitas penyelenggaraan ibadah haji," ujar Nur Kholis. 

Salah satu bahasan diskusi adalah terkait manasik melempar jamarat.

Halaman
12
Penulis: Husein Sanusi
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved