Ibadah Haji 2022

Viral Emak-emak Jemaah Haji Pakai Baju Mencolok Saat Pulang, Ternyata Tujuannya Bukan untuk Pamer

Sebuah video memperlihatkan sejumlah ibu-ibu jemaah haji asal Sulawesi Selatan berdandan dan berganti pakaian dengan warna mencolok.

Penulis: Aji Bramastra
Editor: Wahyu Aji
Tribunnews.com/Aji Bramasta
Seorang jemaah haji asal Sulawesi Selatan saat berada di Madinah, Arab Saudi, menunjukkan baju yang ia bawa dari kampung halaman, untuk nanti dipakai saat pulang dari Tanah Suci. Dalam adatnya, seorang haji akan memakai pakaian terbaik dan merias wajahnya, saat kembali pulang ke rumah, sebagai tanda haji adalah doa dan pengharapan terbaik.   

Laporan Wartawan Tribunnews,com, Aji Bramastra

TRIBUNNEWS.COM, MADINAH - Sebuah video memperlihatkan sejumlah ibu-ibu jemaah haji asal Sulawesi Selatan berdandan dan berganti pakaian dengan warna mencolok, ditambah memakai sejumlah perhiasan, viral di media sosial.

Video itu diambil saat mereka masih berada di pesawat, diduga dalam perjalanan pulang dari Arab Saudi ke Indonesia.

Beragam komentar mewarnai video itu.

Tak sedikit yang meyindir, pulang berhaji malah jadi ajang pamer kasta sosial.

Nah, benarkah demikian?

Ternyata, bagi jemaah haji Bugis, memakai pakaian mencolok sepulang berhaji tidak untuk pamer, tapi melestarikan tradisi yang sudah ada sejak zaman pendahulu mereka.

Hal itu dikatakan Salmah (56), seorang jemaah haji asal kloter UPG 7, yang ditemui Tribunnews.com di Madinah, Jumat (7/8/2022).

"Ini tradisi orang Bugis. Tidak semua orangkan bisa ke haji makanya ketika pulang ke Tanah Air dalam keadaan sehat dan selamat, kita pakai begini, sebagai rasa syukur karena sehat," kata Salmah.

Pakaian yang dipakai itu pun juga pakaian tradisional.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved