Ibadah Haji 2016

Simon Collins, Dubes Inggris Pertama yang Naik Haji

Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi Simon Collins akhir-akhir ini menjadi viral di kalangan netizen.

Simon Collins, Dubes Inggris Pertama yang Naik Haji
The Sun/Twitter
Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi Simon Collins Simon Collins dan istrinya. 

TRIBUNNEWS.COM, MEKKAH - Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi Simon Collins akhir-akhir ini menjadi viral di kalangan netizen.

Pasalnya, nama Collins disebutkan menjadi duta besar Inggris pertama yang menunaikan ibadah haji.

Seorang aktivis HAM asal Arab Saudi Fawziah Al-Bakar membagikan foto Collins yang mengenakan kain ihram, bersama istrinya, di media sosial.

"Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi pertama yang berangkat haji setelah masuk Islam," tulisnya sebagai keterangan foto.

"Simon Collins dan istrinya, Huda Mukarjesh, di Mekkah. Alhamdulilah," katanya lagi.

Foto tersebut kemudian menjadi viral di media sosial dan pencapaian Collins itu mengundang pujian dan doa syukur dari berbagai pihak.

Terlebih setelah tahu bahwa Collins memulai perjalanannya sebagai muslim setelah lama ditempatkan di negara-negara mayoritas muslim.

Diplomat yang ditugaskan di Riyadh, Arab Saudi, itu memang mengaku masuk Islam setelah menghabiskan 30 tahun di lingkungan muslim.

Pria yang menunaikan haji di usia 60 tahun itu sebelumnya pernah menjabat sebagai Duta Besar Inggris untuk Suriah pada 2007 - 2012.

Ia juga pernah menjadi Duta Besar untuk Qatar dan bertugas di Bahrain, Tunisia, India, Yordania, dan Dubai untuk misi diplomatik.

Meski pindah agama tak lama sebelum menikah, Collins ogah disebut pindah agama hanya untuk menikahi istrinya, seorang muslim asal Suriah.

Pencapaian Collins juga membuat Masjid London Timur berharap ia bisa membagikan pengalamannya spiritualnya itu dengan rekan-rekannya.

Sebagai muslim Inggris, Collins juga diharapkan dapat menjadi penghubung yang menjembatani hubungan antara komunitas muslim dan non-muslim. (The Sun/RT News).

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved