Hari Pertama Jadi Presiden, Donald Trump Penuhi Janji Hapus Obamacare

Hari pertama menjabat Presiden AS, Donald Trump menandatangani dokumen penghapusan Obamacare, Jumat (20/1/2017).

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Sanusi
Capture Youtube
Gedung Capitol di Washington DC menjadi saksi pelantikan presiden ke-45 Amerika Serikat. Disumpah dengan 2 alkitab, Donald Trump resmi menjabat presiden menggantikan Barack Obama. 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Hari pertama menjabat Presiden AS, Donald Trump menandatangani dokumen penghapusan Obamacare, Jumat (20/1/2017).

Trump akhirnya menepati janjinya untuk menghapus Hukum Layanan Kesehatan Federal (PPACA) atau Obamacare di hari pertamanya menjadi presiden.

Usai dilantik, Trump melakukan tugas pertamanya sebagai presiden, yaitu menandatangani sejumlah dokumen penting di Ruang Oval, Gedung Putih.

Dokumen-dokumen yang ditandatangani Trump terkait perintah-perintah eksekutif, alias mandat-mandat khusus untuk pejabat-pejabat pemerintahan.

Di antara dokumen-dokumen yang ditandatanganinya, termasuk pula dokumen berisi perintah bagi badan-badan pemerintahan untuk menangguhkan regulasi Obamacare.

Dalam dokumen tersebut, badan-badan pemerintahan juga didesak untuk menunda segala bentuk ketentuan yang memberikan tekanan fiskal bagi negara, perusahaan, atau individu.

Selain itu, dokumen itu juga mendesak upaya untuk memberikan keleluasaan bagi negara untuk mengimplementasikan program-program kesehatan.

Trump pun meminta agar perusahaan-perusahaan jasa asuransi atau kesehatan diberikan akses yang bebas dan terbuka untuk menyentuh pasar.

Hukum federal yang disahkan oleh mantan Presiden AS Barack Obama itu menjamin penyelenggaraan jaminan sosial kesehatan bagi masyarakat AS.

Menghapus dan mengganti Obamacare termasuk menjadi janji utama Trump semasa kampanye.

Mencabut kebijakan imigrasi terdahulu dan membangun tembok raksasa di perbatasan AS-Meksiko juga jadi janjinya untuk dipenuhi di hari pertamanya memerintah AS. (The Guardian/Reuters)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved