Serangan Bom di Mesir

Kronologi Serangan di Masjid Sinai, Bom Meledak Usai Salat Jumat

Awalnya, terjadi ledakan bom setelah jemaah masjid selesai menunaikan salat Jumat.

Kronologi Serangan di Masjid Sinai, Bom Meledak Usai Salat Jumat
NBC News/EPA
Korban bom di Mesir 

TRIBUNNEWS.COM, KAIRO - Insiden serangan di sebuah masjid di Mesir berawal dari ledakan bom yang terjadi seusai salat Jumat dilakukan.

Sekelompok militan bersenjata melakukan aksi penembakan dan pemboman di Masjid Al-Rawdah, Kota El-Arish, Sinai Utara, Mesir, Jumat (24/11/2017).

Awalnya, terjadi ledakan bom setelah jemaah masjid selesai menunaikan salat Jumat.

Ledakan itu kemudian disusul aksi penembakan yang dilakukan oleh sekitar 40 pria bersenjata, yang mengambil posisi di luar masjid dan mengendarai empat mobil jip.

Puluhan militan bersenjata itu menembakkan timah panas ke berbagai arah, menargetkan jemaah yang berusaha menyelamatkan diri dari masjid itu.

Menurut saksi mata, puluhan pria bersenjata itu terbagi dalam sejumlah kelompok yang gencar melancarkan aksi penembakan.

"Ada empat kelompok pria bersenjata menyerang jemaah yang ada di dalam masjid selepas salat Jumat. Dua kelompok lain menembaki ambulans untuk menghalangi lajunya," kata seorang saksi mata, Mohamed.

Saksi mata lain mengatakan, diduga para militan bersenjata itu menargetkan pasukan keamanan yang menunaikan salat di masjid tersebut.

Sejauh ini, sudah ada 235 orang yang tewas akibat insiden itu, sedangkan 109 orang lainnya mengalami cedera.

Beberapa jam setelah serangan tersebut, jet-jet tempur Mesir mengudara dan melakukan serangan udara di daerah pegunungan sekitar Bir Al-Abed, kota di mana serangan masjid itu terjadi.

Halaman
12
Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved