PM Shinzo Abe: Hubungan Militer AS dan SDF Jepang Sangat Dekat Seperti Pasangan Suami Istri

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memuji keberhasilan Presiden AS Donald Trump sebagai komandan militer yang hebat.

PM Shinzo Abe: Hubungan Militer AS dan SDF Jepang Sangat Dekat Seperti Pasangan Suami Istri
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Presiden AS Donald Trump (kiri) bersama istrinya Melania Trump serta PM Jepang Shinzo Abe bersama istrinya di kapal pengawal Kaga, Selasa (28/5/2019). Selasa ini Presiden Trump dijadwalkan meninggalkan Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dari atas kapal pengawal (kapal induk mini) "Kaga" Jepang, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memuji keberhasilan Presiden AS Donald Trump sebagai komandan militer yang hebat.

"Di atas kapal Kaga ini saya merasa senang truly truly greatful bersama-sama dalam satu aliansi militer. Dalam persahabatan yang sangat erat ini seperti pria dan wanita, kita bersama menjaga perdamaian dan kemakmuran dengan misi yang sama," kata PM Jepang Shinzo Abe, Selasa (28/5/2019) pagi waktu Jepang di Pangkalan Militer Yokosuka.

Pertemuan yang pertama kali dalam sejarah Jepang, kedua militer berkumpul bersama dalam acara pemberian sambutan Encouragement kepada para serdadu masing-masing langsung dari kedua kepala negara, Jepang dan Amerika Serikat.

Kaisar Jepang Naruhito sedang membacakan sambutan didampingi Presiden AS Donald Trump dan isterinya Melania
Kaisar Jepang Naruhito sedang membacakan sambutan didampingi Presiden AS Donald Trump dan isterinya Melania (Richard Susilo)

Baca: Mungkinkah Kelompok Perusuh Menyamar Menjadi Polisi Saat Kerusuhan 22 Mei?

"Kita perlu menjaga stabilitas di wilayah ini dan aliansi militer Jepang - Amerika Serikat sebagai kerja sama yang sangat penting di kawasan ini," tambah PM Abe.

Selain itu Abe juga menyampaikan kebanggaannya kepada Pasukan Bela Diri Jepang (SDF) yang 24 jam melindungi dan menjaga wilayah Jepang dengan baik untuk kebebasan dan perlindungan terhadap warganya.

Baca: Kronologis Lengkap Upaya Pembunuhan Tokoh Nasional: Ditransfer Rp 150 Juta, HK Beli 4 Senjata Api

Kaisar Jepang Naruhito sedang membacakan sambutan didampingi Presiden AS Donald Trump dan isterinya Melania serta undangan lainnya
Kaisar Jepang Naruhito sedang membacakan sambutan didampingi Presiden AS Donald Trump dan isterinya Melania serta undangan lainnya (Richard Susilo)

"Demikian pula kepada para anggota militer AS dengan dedikasi mereka, terima kasih kami ucapkan telah menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan ini meskipun kalian berada jauh dari negara Amerika," ujar Shinzo Abe.

PM Abe melihat ancaman keamanan masih ada di sekitar Jepang dan untuk itu perlu kontinuitas bersama di masa depan menjaga bersama kawasan Jepang.

Baca: Keputusan Sandiaga Uno Setelah Namanya Ramai Disebut Masuk Daftar Calon Menteri Jokowi-Maruf

Sementara itu Presiden AS Donald Trump menyinggung impor 100 unit pesawat tempur F35 ke Jepang.

Pertemuan dengan para korban penculikan dengan Presiden AS Donald Trump dan PM Jepang Shinzo Abe.
Pertemuan dengan para korban penculikan dengan Presiden AS Donald Trump dan PM Jepang Shinzo Abe. (NHK)

"Amerika berharap bersama-sama bisa melindungi kawasan ini dan kita semua dengan persahabatan yang semakin baik ini dan aliansi yang ada. Apalagi dengan persenjataan mutakhir kita yang kami jamin dapat melindungi kawasan ini dengan baik," ujarnya.

Baca: Belasan Orang Ditusuk, 13 di Antaranya Pelajar SD di Jepang, Sang Pelaku Coba Bunuh Diri

Pada awal sambutan Presiden Trump sempat menyampaikan rasa prihatin dan simpatinya kepada kasus penusukan 16 orang di Kawasaki yang terjadi Selasa pagi.

Presiden AS Donald Trump dan PM Jepang Shinzo Abe jumpa pers, Senin (27/5/2019) siang.
Presiden AS Donald Trump dan PM Jepang Shinzo Abe jumpa pers, Senin (27/5/2019) siang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

"Kami prihatin dan simpati dengan kejadian penusukan pagi ini. Semoga keluarga korban dapat terlindungi, pulih kembali dan kembali beraktivitas dengan baik," kata Donald Trump.

Sambutan encouragement kedua kepala negara tersebut dihadiri pula oleh istri kedua kepala negara, Akie dan Melania Trump.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved