Jadi Country of Honour CAEXPO 2019, Indonesia Pacu Peningkatan Ekspor ke Tiongkok

Ada yang spesial dalam pameran China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-16 yang akan berlangsung di Nanning, Tiongkok, pada 20-23 September 2019 mendatang. Pasaln

Jadi Country of Honour CAEXPO 2019, Indonesia Pacu Peningkatan Ekspor ke Tiongkok
Bardjan/Tribunnews
Konferensi pers “The 16th CAEXPO Country of Honour: Indonesia” digelar Kamis (11/7) di kantor Kementerian Perdagangan. 

Ada yang spesial dalam pameran China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-16 yang akan berlangsung di Nanning, Tiongkok, pada 20-23 September 2019 mendatang.

Pasalnya, Indonesia kembali terpilih menjadi country of honour dalam pameran tersebut, setelah sebelumnya mendapat kehormatan serupa pada 2010 silam. Pemberian kehormatan ini memantik optimisme akan peluang peningkatan kerja sama dagang dan investasi dengan Tiongkok dan negara ASEAN lainnya.

Dalam konferensi pers “The 16th CAEXPO Country of Honour: Indonesia” yang digelar Kamis (11/7) di kantor Kementerian Perdagangan, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Marolop Nainggolan mengungkapkan, Indonesia kantongi keistimewaan lebih dengan terpilihnya menjadi Country of Honour.

“CAEXPO merupakan platform penting untuk promosikan perdagangan dan investasi  Indonesia. Sebagai Country of Honour, kita dapat menggelar forum khusus Indonesia dengan negara lain. Kita juga akan  lebih diistimewakan karena menjadi fokus perhatian dalam pameran yang tentu saja mendatangkan kesempatan besar bagi Indonesia,” tutur Marolop.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Marolop Nainggolan.
Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Marolop Nainggolan. (Bardjan/Tribunnews)

Dengan begitu, Indonesia berpotensi untuk memperluas peluang kerja sama dengan negara lain, misalnya melalui forum bisnis yang bersifat business-to-business (B2B).yang akan difasilitasi oleh CAEXPO.

Targetkan keseimbangan neraca perdagangan Indonesia-Tiongkok

Tak ketinggalan, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Ditjen PEN, iriana Trimurty Ryacudu menambahkan, CAEXPO juga menjadi kesempatan untuk menyeimbangkan neraca perdagangan Indonesia dan Tiongkok.

“Hal ini sekaligus sebagai upaya Indonesia mengambil peluang dari situasi perang dagang AS-Tiongkok, di mana kedua negara membutuhkan penyuplai baru akibat perang tarif,” terang Iriana.

Iriana menambahkan, para peserta pameran sebaiknya tidak terbatas pada level ritel, melainkan produsen langsung, sehingga dapat tercipta hubungan business to business.

“Kita berharap dengan pelaku usaha dapat mengikuti expo ini, tidak hanya ritel yang ikut, tapi produsen langsung, jadi bisa terhubung antar B2B. Jadi ke depannya, neraca perdagangan kita bisa seimbang,” tambah iriana.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved