Butuh Rp 5,6 Miliar Per Tahun Untuk Rawat Jasad Ayah dan Kakek, Kim Jong Un Minta Uang Dari Rakyat

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan meminta uang kepada rakyatnya supaya mempertahankan jenazah dua pendahulunya

Butuh Rp 5,6 Miliar Per Tahun Untuk Rawat Jasad Ayah dan Kakek, Kim Jong Un Minta Uang Dari Rakyat
Alamy Live News
Kim Jong Un dengan Rolls Royce nya 

TRIBUNNEWS.COM, PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dikabarkan meminta uang kepada rakyatnya supaya mempertahankan jenazah dua pendahulunya.

Korut dilaporkan kesulitan untuk mendapatkan biaya guna melakukan perawatan jenazah Kim Jong Il dan ayahnya sekaligus pendiri negara, Kim Il Sung.

Karena itu sebagaimana diberitakan Daily Mirror Minggu (14/7/2019), Kim berencana untuk mendapatkan 320.000 poundsterling, atau Rp 5,6 miliar, per tahun dari rakyat.

Jenazah Kim Il Sung dan Kim Jong Il yang telah dibalsem dibaringkan dan ditunjukkan di Istana Matahari Kumsusan yang berlokasi di ibu kota Pyongyang.

Uang untuk melakukan perawatan jenazah sulit dicari setelah PBB menerapkan sanksi buntut uji coba senjata nuklir dan program rudal balistik Kim.

Baca: Prediksi Line-up Persib Vs Kalteng Putra, Robert Rene Alberts Kehilangan 3 Pemain

Baca: Jokowi adalah Master Mind-nya

Baca: Tiba di Gothenburg, Tim LKG-SKF Indonesia Disambut Peserta Gothia Cup 2019

Baca: 4 Berita Populer Seleb: dari Pertengkaran Personel DMasiv hingga Hotman Paris Sindir Pengacara Muda

Baca: Jokowi: Jangan Ada yang Alergi terhadap Investasi

Karena itu Radio Free Asia mengulas, pemerintah Korut berencana menarik uang dari buruh pabrik, dan sebagai balasannya mereka bakal menerima piagam kesetiaan.

"Sejumlah orang menyebut ide itu menggelikan. Sebab, mereka tidak mengacuhkan kehidupan rakyat, namun berusaha menjaga jenazah itu agar tak membusuk," ujar sumber.

Nantinya terdapat upacara untuk memberikan piagam dari Yayasan Kim Il Sung dan Kim Jong Il kepada perwakilan serikat buruh maupun anggota partai jika bersedia memberi donasi.

Sumber itu menerangkan, terdapat pidato di Provinsi Pyongan Utara di mana warga dibujuk supaya menjadi penyumbang dan membantu meningkatkan dananya.

"Mereka mengklaim sumbangan itu bisa menghormati sang pemimpin besar yang sudah memberikan kemakmuran bagi negeri dan kebahagiaan untuk rakyatnya," beber sumber tersebut. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kim Jong Un Minta Uang ke Rakyat Korut untuk Rawat Jenazah Ayah dan Kakeknya"

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved