Banyak WNI di Kota Oshu Jepang, Pemda Setempat Buat Buku Panduan Berbahasa Indonesia

Pemerintah daerah Ohsu Presfektur Iwate Jepang membuat buku 'Panduan Kehidupan Bagi Orang Asing' khususnya dalam bahasa Indonesia.

Banyak WNI di Kota Oshu Jepang, Pemda Setempat Buat Buku Panduan Berbahasa Indonesia
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Buku panduan kehidupan bagi warga asing di Kota Ohsu Perfektur Iwate Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Hingga kini banyak warga negara Indonesia yang tinggal di Kota Oshu Perfektur Iwate Jepang.

Karena itulah pemerintah daerah setempat membuat buku 'Panduan Kehidupan Bagi Orang Asing' khususnya dalam bahasa Indonesia.

"Iya di sini cukup banyak orang Indonesia. Dari sekitar 600 warga asing separuhnya warga Indonesia dan warga Vietnam. Itulah sebabnya kita buat buku itu dalam bahasa Indonesia," ungkap Kikuchi, Kepala Kegiatan Masyarakat pemda Oshu kepada Tribunnews.com, akhir pekan lalu.

Di Oshu juga ada penerjemah khusus medis bagi warga Indonesia dan Vietnam sehingga yang sakit pun tak akan menjadi masalah kalau ke rumah sakit.

Baca: Sekjen FPI Ngaku Punya Dokumen yang Buktikan Habib Rizieq Dicegah Pulang ke Indonesia

Baca: Adukan Balik Hotman Paris Atas Tuduhan Fitnah, Pablo Benua Justru Ditolak Polisi

Kikuchi berharap orang asing yang datang ke Jepang bukan hanya datang saja tetapi bisa bersama warga lokal setempat membangun kota tersebut, bersama-sama dalam kegiatan masyarakat.

Selain bahasa Indonesia dan Vietnam, juga ada buku dalam bahasa Inggris, Filipina (tagalog), Korea dan tentu saja dalam bahasa Jepang.

Buku panduan kehidupan bagi warga asing di Kota Ohsu Perfektur Iwate Jepang.
Buku panduan kehidupan bagi warga asing di Kota Ohsu Perfektur Iwate Jepang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Kota kecil ini per 30 April 2017, memiliki populasi hanya 119.325 atau sekitar 120 orang per km2 yang terdiri dari 44.924 kepala keluarga.

Dengan luas wilayah sekitar 993.30 kilometer persegi, kota ini terkenal dengan daging sapinya yang dinamakan Maesawa Beef, cukup banyak festival dilakukan dan diharapkan orang asing juga ikut berpartisipasi memeriahkan acara tersebut.

Politisi terkenal mantan anggota Partai Liberal (LDP) yang akhirnya mendirikan partai oposisi sendiri, Ichiro Ozawa, juga berasal dari kota tersebut.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved