BBC

Protes Hong Kong: Ribuan orang duduki bandara, 160 penerbangan dibatalkan

Bandar udara internasional Hong Kong membatalkan semua keberangkatan Senin (12/08) di tengah langkah ribuan orang yang menduduki bandara.

Bandar udara internasional Hong Kong membatalkan semua keberangkatan Senin (12/08) di tengah langkah ribuan orang yang menduduki bandara.

Para penumpang diberitahu bahwa mereka dianjurkan untuk tidak ke bandara, salah satu bandara udara tersibuk di dunia.

Dalam satu pernaytaan, para pejabat menyebut alasan di balik batalnya penerbangan karena "sangat terganggunya" operasi.

Banyak demonstran yang protes sangat kritis terhadap aksi polisi yang sempat menyemprotkan gas air mata dan amunisi tidak mematikan dari jarak dekat.

Sejumlah pengujuk rasa menggunakan bandana untuk menutup mata mereka sebagai ungkapan protes setelah muncul gambar seorang perempuan berdarah di matanya pada Minggu (11/08).

Perempuan itu dilaporkan kena tembak proyektil polisi.

Dalam satu pernyataan Senin (12/08), Otorita Bandara Hong Kong mengatakan mereka membatalkan penerbangan dengan penumpang yang belum lapor diri di penerbangan.

Lebih dari 160 penerbangan yang direncanakan berangkat pada pukul 18:00 waktu setempat (17:00 WIB).

Cathay Pasific
Getty Images
Sejauh ini Cathay Pasific telah memecat dua karyawannya dan menskors seorang pilot pada akhir pekan lalu sebagai tanggapan atas permintaan itu.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Cathay Pacific memperingatkan para stafnya bahwa mereka dapat dipecat jika "mendukung atau berpartisipasi dalam protes ilegal" di Hong Kong, di tengah tekanan Beijing yang semakin meningkat.

Peringatan itu dikirim melalui surat elektronik kepada seluruh staf oleh pimpinan Cathay Pasific, Rupert Hogg, pada Senin (12/08).

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved