Jumlah Wisatawan Indonesia ke Jepang Berkurang 7,3 Persen

Jumlah turis Indonesia yang ke Jepang selama bulan Agustus 2019 berkurang 7,3 persen menjadi 16.200 orang dibandingkan Agustus 2018.

Jumlah Wisatawan Indonesia ke Jepang Berkurang 7,3 Persen
Richard Susilo
Wisatawan Indonesia berpose dengan latar belakang Sky Tree di Asakusa Tokyo Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jumlah turis Indonesia yang ke Jepang selama bulan Agustus 2019 berkurang 7,3 persen menjadi 16.200 orang dibandingkan Agustus 2018.

Jumlah warga Indonesia dengan status ilegal Jepang juga ikut memperketat pemberian visa ke Jepang.

"Jumlah orang Indonesia yang ke Jepang selama Agustus kebanyakan karena liburan Idul Adha 11 Agustus dan Liburan Hari Proklamasi 17 Agustus," ungkap sumber Tribunnews.com di bidang pariwisata Jepang.

Baca: Siswa SMP di Grobogan Tewas Akibat Duel Maut, Dipukuli Teman Sebangkunya Cuma Gara-gara Hal Sepele

Meskipun liburan berdekatan tersebut menjadikan kesempatan ke Jepang juga besar, namun jumlah turis Indonesia malah menurun 7,3 persen dibandingkan bulan Agustus 2018.

"Banyak warga Indonesia dengan status ilegal di Jepang dan jadi perhatian besar kalangan imigrasi Jepang. Pura-pura jadi turis lalu kabur tidak kembali lagi ke Indonesia. Itu jadi perhatian besar pihak imigrasi Jepang," tambahnya.

Wisatawan Indonesia berpose dengan latar belakang Sky Tree di Asakusa Tokyo Jepang.
Wisatawan Indonesia berpose dengan latar belakang Sky Tree di Asakusa Tokyo Jepang. (Koresponden Tribunnews/Richard Susilo)

Jumlah turis Indonesia sejak Januari hingga 31 Agustus 2019 juga menurun 0,3 persen yang semula tahun 2018 sebanyak 258.086 orang, di tahun 2019 menjadi hanya 257.300 orang.

Penurunan jumlah turis indonesia terlihat sejak April 2019.

Setiap bulan sejak April hingga Agustus 2019 semua bulan mengalami penurunan jumlah turis per bulan dibandingkan bulan yang sama tahun 2018.

"Itu satu bukti kuat pengetatan pihak imigrasi Jepang mulai 1 April 2019 kepada warga Indonesia yang mau ke Jepang," tambahnya.

Baca: Dewi Soekarno Dapat Nilai Terbaik untuk Pelajaran Bahasa Inggris Saat Masih SMA di Jepang

Jumlah warga Indonesia yang ada di Jepang saat ini sebanyak 56.346 orang dan di antaranya per 31 Desember 2018 terdapat 3.323 orang ilegal (overstay) tinggal di Jepang saat ini atau kenaikan 60,1 persen (yang ilegal) dibandingkan tahun 2017.

Bagi yang berminat kerja ke Jepang dapat diskusi lebih lanjut lewat facebook (https://www.facebook.com/groups/kerjadijepang/) gratis dengan admin seorang wanita Indonesia yang sangat ketat menyeleksi postingan.

Pendaftaran visa Tokutei Ginou sudah bisa dilakukan lewat situs ini gratis milik kementerian tenaga kerja Indonesia: http://ayokitakerja.kemnaker.go.id/

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved