Pemda Aichi Jepang Menantikan Kabar Usulan Pembukaan Konjen Indonesia di Perfektur Tersebut

Wapres Kalla sendiri menyatakan akan menyampaikan hal itu kepada Menlu Indonesia agar dibahas lebih lanjut.

Pemda Aichi Jepang Menantikan Kabar Usulan Pembukaan Konjen Indonesia di Perfektur Tersebut
Rina Ayu/Tribunnews.com
Gubernur Prefektur Aichi, Jepang, Hideaki Ohmura, di kantor wakil presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kunjungan Gubernur Aichi Hideaki Ohmura ke Jakarta 9 September lalu antara lain mengusulkan pembukaan konsulat jenderal (Konjen) Indonesia di Perfektur Aichi misalnya di kota Nagoya karena jumlah penduduk Indonesia cukup banyak di sana.

"Penduduk Indonesia di Perfektur Aichi sekitar 6500 orang cukup banyak. Namun belum ada Konjen di Nagoya. Mungkin perlu dipertimbangkan hal ini dan telah kita sampaikan ke Wakil Presiden Jusuf Kalla," papar sumber Tribunnews.com di Perfektur Aichi Jumat ini (20/9/2019).

Wapres Kalla sendiri menyatakan akan menyampaikan hal itu kepada Menlu Indonesia agar dibahas lebih lanjut.

"Kami menantikan kabar usulan tersebut kiranya dapat diterima dengan baik," tambahnya.

Selain itu  tenaga kerja  Indonesia juga banyak bekerja di perusahaan  seperti Toyota sudah melakukan training atau pengembangan SDM di Indonesia. Tetapi saat ini Jepang atau Aichi juga mengalami kekurangan SDM atau tenaga kerja, oleh karena itu  pemda Aichi menawarkan juga bagaimana mengirimkan tenaga kerja atau pemagang yang sudah mendapatkan pembekalan ke Aichi.

Pertukaran informasi bidang ekonomi juga diharapkan dapat semakin ditingkatkan dengan semakin banyaknya perusahaan dari Aichi berinvestasi ke Indonesia sekutar 230 perusahaan.

"Wapres Kalla meminta semakin banyak lagi perusahaan Aichi berinvestasi ke Indonesia dan akan meningkatkan infrastruktur semakin baik lagi sehingga memudahkan usaha semua pihak."

Gubernur Aichi juga bertemu dengan Darmin Nasution, Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia menindak lanjuti Memorandum tentang pertukaran ekonomi yang dibuat Februari 2017 dengan "meja dukungan Aichi" sejak Januari tahun lalu, yang berfungsi untuk bisa memberikan berbagai informasi mengenai perekonomian Indonesia, hukum dan hal-hal terkait investasi perusahaan Jepang yang mau masuk ke Indonesia.

Selain itu pertemuan dengan Direktur Utama Garuda Indonesia mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya sehingga sejak Maret 2019 terbuka penerbangan langsung Nagoya ke Jakarta oleh Garuda Indonesia.

"Kami juga melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan penggunaan pesawat tersebut baik bagi bisnis maupun wisata kedua bangsa sehingga lebih mudah dengan penerbangan langsung."

Pemda Aichi berterima kasih telah diterima baik di Indonesia dan berharap dapat mengembangan kerjasama dengan lebih baik lagi sambil menantikan kantor konsulat jenderal Indonesia dibuka di Nagoya di masa depan.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved