Ternyata Pabrik Nissan Motor Jepang Yang Ada di Indonesia Akan Ditutup

Nissan mengumumkan rencananya untuk merampingkan produksi di total 14 lokasi pada bulan Juli 2019.

Ternyata Pabrik Nissan Motor Jepang Yang Ada di Indonesia Akan Ditutup
Newswitch
Data karyawan pabrik Nissan di luar Jepang, termasuk di Indonesia tercatat 830 orang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Ternyata Nissan Motor Jepang telah menutup pabrik pertama di Indonesia, khususnya jalur produksi 1. Salah satu dari dua pabrik yang dimiliki Nissan di Indonesia akan dilakukan pengurangan  830 karyawannya di Indonesia.

"Kekuatan Nissan  tidak membaik dan penjualan terus menurun di Indonesia, sehingga  dinilai sulit untuk keluar dari operasi yang rendah," tulis koran industri Jepang Newswitch hari ini (20/9/2019).

 Konfirmasi Tribunnews.com langsung ke kantor Nissan Motor di Yokohama mengatakan benar akan dilakukan penutupan pabrik Nissan di Indonesia.

"Kita telah mengumumkan sebenarnya Juli 2019. Kapan ditutup belum tahu dan memang belum bisa kita sampaikan saat ini," papar sumber Tribunnews.com di Nissan Motor Jumat ini (20/9/2019).

 Lalu bagaimana kelanjutan karyawan Nissan di Indonesia sebanyak 830 orang apabila pabrik tersebut ditutup?

"Itu juga belum dapat kami sampaikan karena bukan hanya Indonesia tetapi beberapa negara juga akan kami tutup pabrik Nissan," tambahnya lagi.

 Nissan berencana mengurangi kapasitas produksi tahunan dunia menjadi hanya 6,6 juta unit pada tahun 2022, sebagai bagian dari rekonstruksi manajemennya.

 Hiroto Saikawa mengundurkan diri sebagai presiden dan CEO pada tanggal 16 September 2019, tetapi eksekutif Nissan mengatakan bahwa "reformasi bisnis belum berubah" dan akan mempercepat rasionalisasi produksi.

Pabrik pertama yang ditutup di Indonesia mulai beroperasi pada pertengahan 1990-an dan menghasilkan kendaraan serba guna (MPV) dan kendaraan serba guna olahraga (SUV).

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved