Breaking News:
BBC

Nobel kedokteran 2019 diberikan kepada peneliti yang 'buka jalan pengobatan anemia'

Sir Peter Ratcliffe, William Kaelin dan Gregg Semenza menerima Penghargaan Nobel bidang kedokteran karena temuan mereka dapat menemukan obat

Tiga ilmuwan yang menguak bagaimana sel merasakan dan beradaptasi pada tingkat oksigen tertentu memenangkan Penghargaan Nobel 2019.

Sir Peter Ratcliffe dari University of Oxford dan Francis Crick Institute, William Kaelin dari Harvard, dan Gregg Semenza dari Johns Hopkins University bersama-sama memenangkan penghargaan bidang fisiologi atau kedokteran.

Penelitian mereka dipandang dapat membuka jalan bagi pengobatan baru anemia dan bahkan kanker.

Peran pengindraan-oksigen juga diteliti terkait dengan penyakit gagal jantung dan paru-paru kronis.

Swedish Academy, pihak yang memberikan penghargaan menyatakan: "Peran penting dan mendasar oksigen telah dipahami selama berabad-abad, tapi bagaimana sel menyesuaikan diri terhadap tingkat oksigen belum diketahui sejak lama."

Tingkat oksigen bervariasi di dalam tubuh manusia, terutama:

  • saat kita berolahraga
  • di ketinggian
  • setelah luka mengganggu pasokan darah

Dan ketika tingkatnya anjlok, sel segera harus menyesuaikan metabolismenya.

Mengapa temuan ini penting?

Kemampuan tubuh dalam pengindraan-oksigen mempunyai andil dalam sistem kekebalan dan pada tahap permulaan pertumbuhan di dalam rahim.

Jika tingkat oksigen rendah, tubuh dapat memicu produksi sel darah merah atau pembentukan pembuluh darah untuk mengatasinya.

Semakin banyak sel darah merah berarti tubuh mampu membawa lebih banyak oksigen. Karena itulah banyak atlet berlatih di ketinggian.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved