Wali Kota Toshimaku Jepang Berhasil Mengubah Utang Pemda Jadi Tabungan

Wali Kota Toshimaku Tokyo, Yukio Takano memperlihatkan bukti prestasinya yang paling menonjol, yakni berhasil mengubah utang pemda menjadi tabungan.

Wali Kota Toshimaku Jepang Berhasil Mengubah Utang Pemda Jadi Tabungan
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Wali Kota Toshimaku Tokyo, Yukio Takano (81) saat memperlihatkan bukti utang dan tabungan Pemda Toshimaku. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Wali Kota Toshimaku Tokyo, Yukio Takano (81) memperlihatkan bukti prestasinya yang paling menonjol, yakni berhasil mengubah utang pemda menjadi tabungan yang berlebih ketimbang utang selama masa jabatannya 21 tahun terakhir ini.

"Kita bisa lihat dari angka-angka 20 tahun lalu utang Toshimaku besar sekali mencapai 87,2 miliar yen. Kini hanya 25,4 miliar yen dan tabungan melonjak dari 3,6 miliar yen menjadi 42 miliar yen saat ini," kata Wali Kota Takano kepada Tribunnews.com, Kamis (10/10/2019).

Utang sebanyak 25,4 miliar dan tabungan 42 miliar berarti pemda Toshimaku memiliki surplus kelebihan uang tabungan 16,6 miliar yen.

Setelah keberhasilan mengumpulkan tabungan yang banyak tersebut, lalu apa yang menjadi tantangan kerja paling berat?

"Saya ingin sekali kerja sama yang sangat erat dari masyarakat serta pengertian dari semua pihak akan pembangunan dan penyegaran Toshimaku ini. Itu yang paling berat mengajak serta semua orang berpartisipasi dalam pembangunan kota," kata dia.

Baca: Reaksi Mahasiswa saat Diminta Ali Ngabalin Beri Materi Penolakan UU ke Jokowi, Sebut Nama Masinton

Sebagai contoh rencananya membangun gedung pertunjukan utama di Toshimaku dengan kapasitas tempat duduk sekitar 1.800 orang dengan biaya sekitar 19 miliar yen sempat ditentang sekitar 30 persen penduduk Toshimaku.

Namun kini hampir semuanya mendukung pembuatan gedung yang akan diresmikan 1 November 2019.

"Wali Kota Toshimaku memang paling dicintai rakyatnya saat ini dan memiliki kepemimpinan yang hebat. Rasanya sangat sedikit sekali yang menentangnya saat ini. Hampir semua sudah mau bekerjasama dengan sang wali kota," kata seorang pejabat yang tak mau disebutkan identitasnya kepada Tribunnews.com, Jumat (11/10/2019).

Wali Kota Toshimaku Tokyo, Yukio Takano (81) saat memperlihatkan bukti utang dan tabungan Pemda Toshimaku.
Wali Kota Toshimaku Tokyo, Yukio Takano (81) saat memperlihatkan bukti utang dan tabungan Pemda Toshimaku. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Pejabat tersebut mengetahui dengan baik prestasi Wali Kota Toshimaku.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved