Perjalanan Kendaraan Berlawanan Arah Hanya Dilakukan Kaisar Jepang

Perjalanan kendaraan dilakukan berlawanan arah hanya dilakukan oleh Kaisar dan Permaisuri Jepang.

Perjalanan Kendaraan Berlawanan Arah Hanya Dilakukan Kaisar Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Gladi resik terakhir dilakukan Minggu (10/11/2019) jam 8 pagi waktu Jepang diikuti 30 unit kendaraan polisi agar Parade peringatan Kaisar Baru dapat berjalan lancar. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Untuk keselamatan dan keamanan penjagaan Kaisar dan Permaisuri selama Parade Perayaan kaisar Baru, Minggu (10/11/2019) perjalanan kendaraan dilakukan berlawanan arah hanya dilakukan oleh Kaisar dan Permaisuri Jepang.

Jalanan sepanjang jalur parade perayaan Kaisar Baru ditutup sepenuhnya sejak pagi hari ini, mulai bagian selatan kekaisaran hingga ke arah kediaman Kaisar di Akasaka.

Jalur dua arah (jalur kiri), kosong, dilakukan Kaisar dan Permaisuri jam 3 waktu Jepang menjadi satu arah dan mobil Kaisar berjalan pada jalur berlawanan arah, seperti jalur di Amerika Serikat.

Jalur dua arah di Jepang sampai saat ini sama dengan jalur lalu lintas kendaraan di Indonesia, jalur kiri setir kanan.

Para polisi sudah mulai bersiap-siap sejak jam 7 Minggu (10/11/2019) guna melancarkan persiapan Parade Perayaan Kaisar Baru Jepang.
Para polisi sudah mulai bersiap-siap sejak jam 7 Minggu (10/11/2019) guna melancarkan persiapan Parade Perayaan Kaisar Baru Jepang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Dengan demikian Kaisar dan Permaisuri menjadi fokus hanya melihat dan melambaikan tangan ke kiri ke arah masyarakat yang sudah menunggu sejak siang hari sekitar jam 12.00 waktu Jepang di tepi jalan, bagian kiri mobil di kejauhan.

Posisi mobil juga jauh dari masyarakat.

Hal ini demi keamanan Kaisar dan Permaisuri di mana 29 tahun lalu ada anggota masyarakat yang mendadak membakar merson saat Kaisar lewat di dekatnya.

Baca: Persiapan Parade, Kaisar Naruhito Meninggalkan Kediaman Menuju Kekaisaran Jepang

Baca: Arashi Sapa Fans di Jakarta untuk Pertama Kalinya

Baca: Diisukan Jadi Pacar Baru Luna Maya, Intip Foto-foto Ganteng Ryochin, Sempat Berbalas Komentar Manis

Keadaan tersebut membuat kaget banyak orang termasuk Kaisar sendiri, apalagi para polisi yang langsung membekuk si pembakar mercon tersebut.

Bendera Jepang dibagi-bagi gratis kepada masyarakat untuk melambaikan saat Kaisar berjalan di rute yang telah ditentukan.

Pemeriksaan dilakukan di 40 lokasi, termasuk deteksi metal dan pemeriksaan tas yang dibawa.

Turis asing berada di lokasi tontonan parade dengan bendera Jepang yang dibagi-bagi gratis sambil melihat peta Tokyo.
Turis asing berada di lokasi tontonan parade dengan bendera Jepang yang dibagi-bagi gratis sambil melihat peta Tokyo. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Anjing peliharaan dilarang mendekat. Meskipun demikian ada yang membawa anjing dan dihiasi dengan kipas bendera Jepang di lehernya.

Para turis asing yang tak tahu peraturan menonton tampak agak jauh dari lokasi jalur parade karena penjagaan yang sangat ketat dari kepolisian Jepang.

Meskipun demikian mereka, para turis asing juga bisa mendapat bendera Jepang yang dibagikan gratis dan keterangan peta jalur yang akan dilewati Kaisar dalam parade Minggu (10/11/2019) siang.

Bagi penggemar Jepang informasi terbaru bisa diikuti lewat WAG Pecinta Jepang silakan email ke: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved