Layanan Internet 5G Sudah Mulai Digunakan Beberapa Lokasi di Jepang

Layanan internet 5G atau penggunaan aplikasi lisensi 5G lokal sudah dimulai Selasa (24/12/2019) hari ini di Jepang.

Layanan Internet 5G Sudah Mulai Digunakan Beberapa Lokasi di Jepang
Istimewa
Sebuah stasiun radio di Tokyo sudah mulai menggunakan internet 5G, Selasa (24/12/2019). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Layanan internet 5G atau penggunaan aplikasi lisensi 5G lokal--yang memanfaatkan standar komunikasi generasi berikutnya 5G di area tertentu--sudah dimulai Selasa (24/12/2019) di Jepang.

Perusahaan IT besar dan lainnya telah menerapkan satu demi satu.

"5G lokal menggunakan jaringan komunikasi 5G berkecepatan tinggi di area terbatas seperti di dalam gedung, dan gelombang radio akan dialokasikan ke perusahaan, kota, universitas, dan sebagainya," ungkap sumber Tribunnews.com, Selasa (24/12/2019).

Penggunaan mulai dilakukan di stasiun komunikasi umum nasional, dan di Biro Komunikasi Umum Kanto, NEC, Fujitsu, Jupiter Telecom, perusahaan televisi kabel terbesar, dan Pemerintah Metropolitan Tokyo, akan diterapkan secara bertahap.

Baca: Curi Perhatian, Intip Penampilan Menhan Prabowo saat Kunjungan ke Jepang, Tampil Beda!

Baca: Dua Guru SMP Negeri di Oita Jepang Dipecat Gara-gara Tosatsu dan Pelecehan Seksual terhadap Siswinya

Sistem komunikasi 5G lokal adalah perwujudan "pabrik pintar" untuk meningkatkan efisiensi produksi dengan menghubungkan robot dan kamera di fasilitas masing-masing.

Diharapkan berbagai aplikasi, seperti mengirim gambar presisi tinggi dari kamera yang dipasang di sungai ke fasilitas pemerintah daerah dapat menggunakannya untuk pencegahan bencana.

NEC dan Fujitsu berencana untuk menggunakannya di kantor mereka sendiri, dan Tokyo berencana untuk membangun fasilitas di mana usaha kecil dan menengah di Tokyo dapat bereksperimen dengan 5G.

Layanan 5G akan diluncurkan oleh perusahaan telepon seluler secara berurutan mulai musim semi berikutnya (sekitar 1 April 2020) dan seterusnya.

Baca: Jepang-Indonesia Akan Lakukan Latihan Militer Komodo Disepakati Saat Kedua Menhan Bertemu

Baca: Kaleidoskop 2019, Selain Syahrini, 7 Artis Ini Juga Dinikahi Konglomerat, Ada yang Tuai Kontroversi

Namun, pemeliharaan jaringan komunikasi akan memakan waktu, sehingga Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang akan mengalokasikan gelombang radio 5G lokal secara terpisah dan bertujuan untuk mempromosikan pengenalan ke wilayah tersebut sesegera mungkin.

Jika pemeriksaan berlangsung dengan lancar, 5G lokal diharapkan akan dapat dikomersialkan pada bulan Februari 2020.

Bagi penggemar Jepang dapat ikut diskusi dan info terakhir dari WAG Pecinta Jepang. Email nama lengkap dan nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved