Mulai Hari Ini Semua Penumpang Kereta Api di Jepang Dilarang Merokok

Mulai hari ini, Sabtu Kintetsu Railways menghentikan operasional kereta api yang memperbolehkan para penumpangnya merokok selama di dalam kereta.

Mulai Hari Ini Semua Penumpang Kereta Api di Jepang Dilarang Merokok
NHK
Kereta api swasta Jepang, Kintetsu Railways, kereta terakhir yang penumpangnya boleh merokok sampai dengan 31 Januari 2020. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Mulai Jumat (31/1/2020) kemarin, Kintetsu Railways menghentikan operasional kereta api yang memperbolehkan para penumpangnya merokok selama di dalam kereta.

Kintetsu Railways adalah satu-satunya kereta ekspres swasta di Jepang yang memperkenankan para penumpang merokok di kursinya.

"Mulai hari ini Kintetsu akan melarang merokok di semua gerbongnya bagi penumpang kecuali di ruangan khusus merokok saja," kata Naganuma, seorang karyawan Kintetsu kepada Tribunnews.com, Sabtu (1/2/2020).

Kintetsu selama ini menghubungkan antara Osaka, Nagoya dan Ise-Shima, yang dapat merokok pada kursi di dalam gerbong kereta mereka selama ini.

Baca: Pemda Tokyo Jepang Tinjau Kembali Aturan Penggunaan Kereta Dorong Bayi Kembar di Dalam Bus

Baca: BREAKING NEWS: Helikopter Polisi Jepang Jatuh, Seorang Penumpang Cedera

Namun semuanya berakhir Jumat (31/1/2020) kemarin.

Setiap kursi dilengkapi dengan asbak sehingga siapa pun bisa merokok sambil menyaksikan pemandangan dari jendela kereta api.

Kendaraan yang memperbolehkan penumpangnya untu

Kereta api Jepang swasta, Kintetsu Railways, kereta  terakhir yang penumpangnya boleh merokok sampai dengan 31 Januari 2020.
Kereta api Jepang swasta, Kintetsu Railways, kereta terakhir yang penumpangnya boleh merokok sampai dengan 31 Januari 2020. (NHK)

Undang-Undang Promosi Kesehatan yang direvisi, yang akan diberlakukan pada bulan April 2020, menetapkan bahwa merokok tidak diperbolehkan di dalam gerbong kereta api kecuali untuk kamar merokok yang telah ditentukan.

Untuk alasan ini, Kintetsu telah memutuskan untuk mengakhiri pengoperasian kendaraan merokok pada tanggal 31 Januari 2020.

Baca: Bukan Karena Masalah Kesehatan, Ternyata Ini Alasan Orang Jepang Suka Pakai Masker

Baca: Sepatu Prototipe yang Dijual Setelah 30 April Dilarang Dipakai Atlet Olimpiade 2020 Jepang

Di Kintetsu, semua kursi bebas-rokok mulai 1 Februari, dan orang yang ingin merokok disarankan untuk menggunakan ruang merokok ekspres terbatas dan juga pada area merokok di stasiun kereta api.

Seorang pria yang menggunakan kereta api merokok di masa lalu, melakukan perjalanan bisnis dari Osaka ke Nagoya berkata, "Maaf, sudah terbiasa merokok. Mulai sekarang, saya akan merokok terpaksa di ruang merokok khusus."

Selain itu, kendaraan kereta api dengan ruang khusus merokok tetap ada di beberapa bagian Shinkansen Tokaido, Sanyo Shinkansen di JR, tetapi semua kendaraan dijadwalkan untuk larangan merokok karena revisi jadwal yang akan diberlakukan mulai bulan Maret 2020.

Info lengkap dan diskusi Jepang dapat ikutan WAG Pecinta Jepang, kirimkan ke email: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved