Kisah Mengharukan! Agar Anak Tak Trauma, Ayah di Suriah Sebut Bunyi Kembang Api Jika Ada Ledakan Bom

Saat ini, mereka tinggal di rumah mereka di Sarmada, masih di dalam wilayah Idlib. Meski begitu, mereka masih dikelilingi suara ledakan bom.

Kisah Mengharukan! Agar Anak Tak Trauma, Ayah di Suriah Sebut Bunyi Kembang Api Jika Ada Ledakan Bom
Sky News
Abdullah al-Mohammad tertawa bersama anaknya, Salwa, di mana bocah tiga tahun tersebut diajari untuk tetap gembira di tengah suara bom yang menggelegar.(Sky News) 

TRIBUNNEWS.COM, DAMASKUS - Seorang ayah di Suriah mempunyai cara cerdas agar anaknya tidak trauma dengan konflik, yakni mengajarinya tertawa ketika mendengar suara ledakan bom.

Abdullah a-Mohammad membawa keluarganya, termasuk si anak Salwa, harus mengungsi dari rumah mereka di Saraqib, kota di sebelah timur Idlib.

Saat ini, mereka tinggal di rumah mereka di Sarmada, masih di dalam wilayah Idlib.

Meski begitu, mereka masih dikelilingi suara ledakan bom.

Abdullah melihat bahwa anak-anak di lingkungannya mengalami "krisis psikologi" akibat dentuman mengerikan dari peledak yang jatuh ke tanah.

Oleh karena itu, seperti diwartakan Sky News, Senin (17/2/2020), Abdullah mengubah suara yang menakutkan itu seperti permainan untuk melindungi putrinya.

Baca: Helikopter Militer Suriah Ditembak Jatuh di Aleppo, Semua Kru Dinyatakan Tewas

Setiap kali ada bom yang dijatuhkan, Abdullah akan mengatakan kepada bocah tiga tahun tersebut bahwa suara itu adalah kembang api dan pistol mainan.

"Dia adalah anak-anak yang tidak mengerti perang. Saya memutuskan mengajari Salwa permainan untuk mencegah kondisi psikologisnya menurun," jelasnya.

Bersama istrinya, keduanya kemudian memutuskan untuk mengubah suara menakutkan itu menjadi "sumber kebahagiaan" dan memberikan rasa aman kepada Salwa.

Abdullah membagikan "permainannya" itu ke media sosial, di mana terlihat Salwa begitu riang tertawa ketika mendengar suara ledakan.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved