Virus Corona

26 Triliun Yen Untuk Antisipasi Komprehensif Perekonomian Jepang Hadapi Virus Corona

PM Abe ingin secepat mungkin mengantisipasi wabah virus Corona agar teredam segera karena menghantam perekonomian Jepang saat ini.

26 Triliun Yen Untuk Antisipasi Komprehensif Perekonomian Jepang Hadapi Virus Corona
Kantei
PM Jepang Shinzo Abe dalam Rapat Koalisi Selasa (10/3/2020) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - PM Jepang segera akan menerapkan anggaran 26 triliun yen untuk antisipasi komprehensif perekonomian Jepang menghadapi wabah virus corona saat ini.

"Berkat kerja sama Diet (parlemen) , anggaran untuk tahun fiskal berikutnya telah disetujui di majelis rendah, dan Dewan Anggota parlemen (majelis tinggi) saat ini sedang mempertimbangkan," ungkap PM Jepang Shinzo Abe dalam rapat koalisi Selasa siang ini (10/3/2020).

PM Abe ingin secepat mungkin mengantisipasi wabah virus Corona agar teredam segera karena menghantam perekonomian Jepang saat ini.

"Penting untuk terus menerapkan 26 triliun yen dalam langkah-langkah ekonomi komprehensif terhadap dampak infeksi virus corona baru pada seluruh ekonomi. Saya ingin terus memberikan penjelasan terperinci dan serius agar anggaran untuk tahun fiskal berikutnya, yang sangat diperlukan untuk implementasi, dapat segera diterapkan sesegera mungkin guna menanggapi keprihatinan masyarakat," tekan PM Abe lagi.

Sementara itu ahli ekonomi dari perusahan jiwa Daiichi (Lembaga Riset) Hideo Kumano, kepala ekonom di Dai-ichi Life Economic Research Institute, menunjukkan bahwa pengekangan diri atas antisipasi wabah Corona dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi.

"Untuk pulih dari kerusakan perekonomian dan mempertahankan Olimpiade Tokyo sesuai jadwal, maka perlu pengeluaran yang signifikan besar," ungkap Kumano.

Sedangkan pihak lainnya menekankan pula, agar pengeluaran fiskal yang berani diperlukan untuk menaikkan upah minimum dan mendukung usaha kecil dan menengah, ungkap Sekjen Zenroren Yukihiro Nomura, dan menyerukan langkah-langkah untuk dimasukkan segera kedalam rencana anggaran untuk tahun 2020 ini.

Diskusi terkait Jepang di WAG Pecinta Jepang dapat mengenail nama, alamat dan nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved