Virus Corona

Hari Ini Museum Layangan di Shiga Jepang Dibuka Kembali

Museum ini sudah terkenal lama membuat Odako sejak zaman Edo, telah ditutup sejak tanggal 20 April 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

NHK
Museum layangan di Higashi-Omi, Perfektur Shiga Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Museum layangan spesialis layangan raksasa (Odako) atau biasa disebut "Higashi-Omi Great Kite Kaikan" dibuka kembali di Kota Higashi-Omi, Perfektur Shiga, Jepang, Senin (11/5/2020) hari ini.

"Saya mungkin tidak bisa menanggapi cukup karena penjelasan pameran dilakukan sambil menjaga jarak, tetapi saya ingin mengambil langkah-langkah yang tepat seiring antisipasi penyebaran virus corona dan melihat-lihat serta memonitor yang ada nanti," kata Katsuhisa Torii, eksekutif museum tersebut kemarin saat berbenah mempersiapkan diri membuka kembali museum hari ini.

Baca: Kartu Prakerja Belum Buka Pendaftaran Untuk Gelombang 4, Apa Alasannya?

Museum ini sudah terkenal lama membuat Odako sejak zaman Edo, telah ditutup sejak tanggal 20 April 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

Sejak itu, Pemda Shiga telah meminta agar berbagai fasilitas ditutup mulai tanggal 23 April tetapi telah memutuskan untuk membuka kembali museum dan perpustakaan mulai Senin (11/5/2020) dan Layang-layang Kaikan juga akan dibukaa.

Kemarin, Minggu (10/5/2020) para anggota staf melakukan pekerjaan persiapan, dan di toko souvenir di dekat pintu masuk, lembar plastik transparan dipasang untuk memisahkan pelanggan dan anggota staf untuk mencegah penyebaran infeksi.

Museum layangan di Higashi-Omi, Perfektur Shiga Jepang.
Museum layangan di Higashi-Omi, Perfektur Shiga Jepang. (NHK)

Juga, di papan pameran di depan pintu masuk, menempel gambar miniatur dan gambar asli dengan pesan dukungan seperti "Ayo lakukan yang terbaik".

Untuk saat ini, Otako Kaikan (singkatan nama museum tersebut) tidak akan mengadakan pameran berskala besar yang direncanakan dan tidak akan membuat sudut bagi pengalaman bermain layangan raksasa (seperti gurita) yang biasa dilakukan setiap bulan Mei.

Museum ini adalah museum pertama dan terbesar untuk layangan raksasa di dunia.

Layangannya ada yang berukuran 12 meter X 13 meter.

Baca: Hidayat Nur Wahid: Pentingnya Kolaborasi Antar Lembaga untuk Temukan Vaksi Covid-19

Museum ini sebelumnya bernama Yokaichi Giant Kite Museu, letaknya dekat dengan Stasiun Yokaichi jalur kereta api Ohmi.

Nama festival layangan pun berubah yang semula Yokaichi Giant Kite Festival (diselenggarakan sejak 1841) menjadi Higashi-Omi Giant Kite Festival.

Untuk melihat festival tersebut turun di JR Notogawa station menuju ke sebelah barat ke Fureai Undo yang bisa dicapai naik bus gratis.

Baca: Mahfud MD: Pemerintah Tak Main-Main dalam Perang Melawan Covid-19

Bagi yang ingin ke museum layangan dapat bertanya (hanya dalam bahasa Jepang) ke nomor telepon 0748-23-0081.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved